Breaking News:

Sosiologi Unhas

Mahasiswa Magister Sosiologi Unhas Riset Sosial Keagamaan di Kajang, Target Ungkap Peran Ammatoa

Dr Muhammad Sabiq LC MSi memyampaikan bahwa riset sosial keagamaan ini bertujuan memacu mahasiswa untuk lebih produktif menulis karya ilmiah

Courtesy: Dr Muh Sabiq
Mahasiswa Magister Sosiologi Unhas di Tanah Toa, Kajang, Bulukumba, Sabtu (5/6/2021). MaHasiswa Magister Sosiologi Unhas penelitian di tanah Toa Kajang sejak 4 Juni 2021 hingga 6 Juni 2021. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Rombongan mahasiswa Magister Sosiologi Unhas mengadakan riset sosial keagamaan di Kawasan Tanah Toa, Kajang, Bulukumba.

Kegiatan riset social keagamaan itu berlangsung tiga hari, tanggal 4 hingga 6 Juni 2021.

Di tahun 2021 ini, mahasiswa Magister Sosiologi Unhas mengangkat beberapa topik yang dianggap penting untuk disingkap.

Diantaranya, bagaimana makna agama bagi masyarakat Kajang, ritual dan pelestarian alam pada masyarakat Kajang,  peran perempuan dalam pelaksanaan ritual di masyarakat Kajang, religiusitas masyarakat Kajang, fungsi keluarga pada masyarakat Kajang, serta kepemimpinan Amma Toa dalam masyarakat Kajang.

Ketua Panitia Riset Sosial Keagamaan mahasiswa Magister Sosiologi Unhas, Jamal Mirdad, riset sosial keagamaan mahasiswa Magister Sosiologi Unhas diikuti 11 Mahasiswa Pascasarjana.

Dosen pendamping penelitian Riset Sosial Keagamaan Mahasiswa Magister Sosiologi Unhas di Tanah Toa Kajang, Bulukumba, Dr Muhammad Sabiq LC MSi (tengah), di sela penelitian, Sabtu (5/6/2021). Mahasiswa Magister Sosiologi Unhas meneliti di Tanah Toa Kajang hingga 6 Juni 2021.
Dosen pendamping penelitian Riset Sosial Keagamaan Mahasiswa Magister Sosiologi Unhas di Tanah Toa Kajang, Bulukumba, Dr Muhammad Sabiq LC MSi (tengah), di sela penelitian, Sabtu (5/6/2021). Mahasiswa Magister Sosiologi Unhas meneliti di Tanah Toa Kajang hingga 6 Juni 2021. (Courtesy: Dr Muh Sabiq)

“Kegiatan ini menjadi gebrakan baru pada mata kuliah Sosiologi Agama, dan direncanakan akan dirutinkan setiap tahun. Kegiatan ini mendapat banyak apresiasi, utamanya pengampu mata kuliah,” jelas Jamal Mirdad, melalui rilis yang terima Tribun-Timur.com, Minggu (6/6/2021) pagi.

Sebagai salah satu pengampu mata kuliah sosiologi agama, Dr Nurvida Raf MA. mengharapkan mahasiswa bisa mengembangkan dan mempertajam analisis untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.

"Saya harapkan mahasiswa bisa mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dengan menggunakan cara-cara yang kreatif. Sehingga riset kali ini akan jauh lebih menggelitik dan menggigit," jelas Dr Nurvida Raf MA.

Rombongan Riset Sosial Keagamaan Mahasiswa Magister Sosiologi Unhas didampingi Dr Muhammad Sabiq LC MSi dan Dr Zakaria MSi.

Sebagai salah satu pengampu matakuliah Sosiologi Agama, Dr Muhammad Sabiq LC MSi memyampaikan bahwa riset sosial keagamaan ini bertujuan memacu mahasiswa untuk lebih produktif menulis karya ilmiah, khususnya terbiasa menulis Jurnal.

"Kami harapkan mahasiswa mampu memahami makna agama dalam keberagaman. Hasil riset ini akan dipublikasikan dalam bentuk jurnal, artikel atau buku, menstimulus mahasiswa untuk lebih produktif dan terbiasa menyusun karya ilmiah," ," jelas Dr Muhammad Sabiq LC MSi.

"Kegiatan ini dipandang perlu menjadi kegiatan tahunan. Nanti lokasinya disesuaikan dengan kecenderungan mahasiswa," tegas Dr Muhammad Sabiq LC MSi menambahkan.

Selain itu, Dr Zakaria MSi menambahkan bahwa output dari turun lapang ini juga direncanakan akan dipublikasikan dalam bentuk buku

"Kami berharap dan berencana agar tulisan-tulisan mahasiswa ini yang didasarkan atas fakta lapangan tidak disimpan begitu saja. Tapi temuan lapangan ini dipandang perlu untuk dipublikasikan dalam bentuk buku. Ini adalah salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat" jelas Dr Zakaria MSi.

Sebelumnya, diketahui bahwa Tanah Toa merupakan salah satu kawasan adat yang masih terawat di Sulawesi. Kediaman suku Kajang Dalam ini berada dalam Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Posisinya tepat dibawa kaki pulau Sulawesi.(*)

Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved