Breaking News:

Jamur Hitam

Infeksi Jamur Hitam Mulai Terdeteksi di Luar India, Potensi Kematiannya Tinggi

Kasus Covid-19 di India perlahan mulai melandai. Akan tetapi infeksi jamur hitam atau mukormikosis, kembali menjadi ancaman serius di negara tersebut.

Indianexpress
korban infeksi jamur putih di India- Covid-19 makin ganas di India, muncul lagi penyakit jamur hitam dan putih disebut lebih berbahaya 

TRIBUNTIMUR.COM - Kasus Covid-19 di India perlahan mulai melandai. Akan tetapi infeksi jamur hitam atau mukormikosis, kembali menjadi ancaman serius di negara tersebut.

Berdasarkan laporan terakhir, terdapat 9.000 kasus infeksi jamur hitam di seluruh wilayah India.

Mukormikosis adalah infeksi yang disebabkan jamur golongan mucoemycetes.

Jamur ini biasanya tumbuh di tanah atau bahan organik seperti daun. Spora atau elemen dari jamur dapat terhirup dan menimbulkan masalah kesehatan bagi orang dengan kekebalan tubuh yang rendah.

Pada orang yang memiliki sistem imun yang kuat, elemen jamur yang terhirup ke dalam saluran napas dapat dilenyapkan oleh imunitas tubuh.

Sememtara itu, jika terdapat faktor risiko seperti diabetes atau immunoparalysis maka dapat terjadi reaksi peradangan serius atau infeksi yang menimbulkan keluhan serta gejala.

Menurut dokter spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi (paru) dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Anna Rozaliyani, mukormikosis termasuk dalam golongan penyakit langka tapi berbahaya.

“Mukormikosis termasuk penyakit langka tapi berbahaya. Potensi kematian sangat besar, angka kematian bervariasi antara 46 hingga 96 persen tergantung pada kondisi penyakit pasien, jenis jamur, dan bagian tubuh yang terkena," kata Anna dalam seminar daring PDPI, Kamis (3/6/2021).

Di Indonesia juga ada kasus mukormikosis tapi memang ditemukan sebelum pandemi COVID-19.

Jumlahnya tidak banyak, jika dikumpulkan dari seluruh Indonesia selama satu tahun itu tidak sampai 50 kasus, tapi walau terlihat sangat sedikit, penyakit ini sangat fatal.

Halaman
12
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved