Breaking News:

Tribun Jeneponto

Kasus Kusta di Jeneponto Alami Penurunan

Jumlah kasus kusta di Jeneponto Sulawesi Selatan mengalami penurunan jika dibandingkan tahun lalu

TRIBUN-TIMUR.COM/MUH RAKIB
Kabid Pencegahan dan Pengedalian Penyakit, Dinas Kesehatan Jeneponto, Suryaningrat, Jumat (462021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, JENEPONTO - Jumlah kasus kusta di Jeneponto mengalami penurunan

Terdapat delapan orang yang ditemukan terdeteksi menderita penyakit kusta selama Mei 2021 ini.

Jika dibandingkan tahun lalu, penyakit kusta terdapat empat puluh dua orang sepanjang tahun 2020.

Hal ini disampaikan oleh, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan, Suryaningrat.

Ia mengatakan bahwa tahun ini mengalami penurunan penyakit kusta di Jeneponto jika dilihat dengan data perbandingan tahun lalu.

"Sampai dengan Mei 2021 baru delapan kasus yang kami temukan tahun ini. Sedangkan, total kasus kusta tahun 2020 sebanyak empat puluh dua orang," ujarnya, Jumat (4/6/2021).

Lanjutnya, ia juga menyebutkan bahwa wilayah yang terdapat paling banyak penderita penyakit kusta berada di Kecamatan Bangkala.

Untuk tahun ini yang terdeteksi di Kecamatan Bangkala baru tiga orang selebihnya diluar wilayah.

Sedangkan tahun lalu di bangkala terdeteksi tujuh orang begitupun di Kecamatan Tamalatea selebihnya tersebar dibeberapa wilayah.

"Kecamatan Bangkala, wilayah Puskesmas Kapita sebanyak tiga orang. Sedangkan tahun lalu yang terbanyak berada pada Kecamatan Tamalatea dan Kapita Kecamatan Bangkala masing-masing sebanyak tujuh kasus," bebernya.

Meski demikian, pihak dinas kesehatan terus memberikan pelayanan dan pengobatan terhadap penderita dan kontak erat pasien kusta guna mencegah terjadinya penularan penyakit.

"Dinkes selama ini telah melaksanakan pemberian obat pencegahan kusta secara massal kemoprofilaksis kepada semua kontak erat penderita kusta di Jeneponto," sebut Suryaningrat.

Maka dari itu, pihak dinkes juga menaruh harapan kepada warga yang pernah mengalami penyakit dan sudah sembuh agar memberikan dukungan serta semangat kepada penderita.

"Kami turut serta memberikan pendampingan melaui konseling sebaya dengan melibatkan para penderita kusta yang sudah sembuh serta bekerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat yaitu mitra turatea dalam pengendalian penyakit kusta di Jeneponto," tutupnya.

Laporan Kontributor Tribun Jeneponto, Rakib

Penulis: Muh Rakib
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved