Breaking News:

Kesehatan

Cara Cepat Mengatasi Luka Bakar di Kulit

Luka bakar bisa terjadi karena tersiram air mendidih, akibat sinar matahari, sengatan listrik, hingga terkena benda panas. 

BANJARMASIN POST
Ilustrasi luka bakar 

TRIBUNTIMUR.COM - Luka bakar adalah salah satu jenis cedera paling umum yang dialami oleh sebagian besar orang. Luka bakar bisa terjadi karena tersiram air mendidih, akibat sinar matahari, sengatan listrik, hingga terkena benda panas. 

Luka bakar menyebabkan sel-sel kulit mati. Kemudian, kulit yang rusak akan menghasilkan protein yang disebut kolagen untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Ketika kulit sembuh, area kulit yang terbakar akan menebal dan berubah warna hingga menyebabkan luka bakar. Jenis luka bakar Berapa lama kulit bersentuhan dengan panas dan suhu dari panas tersebut akan menentukan seberapa parah luka bakar yang diderita.

Luka bakar diklasifikasikan berdasarkan tiga tingkatan, berikut adalah penjelasannya, sebagaimana dilansir dari Healthline, 28 September 2018.

1. Luka bakar tingkat pertama

Luka bakar tingkat pertama menyebabkan kerusakan pada epidermis dan dermis. Ia akan membuat kulit tampak memerah dan terasa sakit.

2. Luka bakar tingkat dua

Luka bakar tingkat dua menyebabkan kerusakan pada epidermis dan dermis. Ia juga membuat kulit tampak memerah, melepuh, dan terasa sakit.

3. Luka bakar tingkat tiga

Luka bakar tingkat tiga menyebabkan kerusakan pada epidermis, dermis, tulang, dan tendon. Ia akan mengubah kulit menjadi putih atau hitam dan merusak ujung saraf.

Halaman
1234
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved