Breaking News:

Tribun Sulsel

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 Secara Virtual

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 Secara Virtual

Kemenkumham Sulsel
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan, Harun Sulianto mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual, Selasa (1/6/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan, Harun Sulianto mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual, Selasa (1/6/2021).

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara. 

Harun Sulianto dan Kepala Divisi Keimigrasian Dodi Karnida ikut secara virtual di Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel.

Sementara Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin, Kepala Divisi Pemasyarakatan Edi Kurniadi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggoro Dasananto dan seluruh jajaran pegawai Kanwil Kemenkumham Sulsel ikut secara virtual di rumah masing-masing.

Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh kepala UPT Kanwil Kemenkumham Sulsel

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 juni 2021 harus dijadikan momentum dan dimanfaatkan untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan," tuturnya via rilis yang diterima tribun-timur.com

Presiden Jokowi melanjutkan Pancasila menghadapi perkembangan global yang tidak serta-merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan.

Perkembangan global pun tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antarpandangan, antarnilai dan antarideologi.

"Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi," tuturnya. 

“Untuk itu, diperlukan perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila dengan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0, dan sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan,” lanjutnya.

Di akhir sambutannya, Presiden Jokowi juga mengajak seluruh elemen dan rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Presiden Jokowi juga minta untuk membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.(*)

Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved