Breaking News:

Tribun Bulukumba

Pra Peradilan Kasus BOK Dinkes Bulukumba, Kuasa Hukum Tersangka Hadirkan Ahli Pidana Unhas

Proses persidangan Pra Peradilan kasus dugaan korupsi BOK Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulukumba tahun 2019, sudah digelar sebanyak empat kali.

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Suryana Anas
TRIBUN-TIMUR.COM/FIRKI ARISANDI
Kuasa Hukum Andi Ade Ariadi, Andi Raja Nasution 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Proses persidangan Pra Peradilan kasus dugaan korupsi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulukumba tahun 2019, sudah digelar sebanyak empat kali.

Sidang terakhir berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Bulukumba, Jumat (28/5/2021) kemarin.

Pra Peradilan ini dimohonkan oleh Andi Ade Ariadi, yang ditetapkan sebagai salah satu tersangka oleh penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Bulukumba.

Kuasa Hukumnya, Andi Raja Nasution, Sabtu (29/5/2021) mengatakan, di persidangan kali ini, pihaknya menghadirkan Ahli Pidana Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Prof Dr Andi Syukri Yakub.

Andi Raja Nasution menjelaskan, jika pihaknya meminta dilakukan uji formil terkait penetapan tersangka. Apakah sudah benar atau tidak.

"Kami memanggil ahli untuk memperterang terkait dengan bukti-bukti yang kami ajukan. Jadi ahli yang kami panggil ahli hukum pidana dan hukum acara pidana, untuk menerangkan apakah dan bagaimanakah penetapan tersangka yang sebenarnya," jelas Andi Raja.

Andi Raja menjelaskan, objek Pra Peradilan ini diajukan karena penetapan tersangka dinilai belum sesuai dengan ketentuan 184 KUHAP ayat 1.

Terkait dengan objek permohonan pra peradilan itu, pihaknya meminta majelis hakim di perkara ini untuk menetapkan tidak sah penetapan tersangka terhadap pemohon.

"Beserta juga saya minta surat perintah penyidikan dan penyidikan lanjutannya tidak sah dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat, itu saja," bebernya.

Kehadiran ahli disebut telah memperterang terkait bukti-bukti yang mereka ajukan tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved