Breaking News:

Tribun Bulukumba

Desa Mattirowalie, Desa Pertama Tuntaskan Pemutakhiran Data SDGs di Bulukumba

Desa Mattirowalie, Bulukumba menjadi desa pertama di Bulukumba merampungkan pemutakhiran data berbasis SDGs atau Sustainable Development Goals.

Dok Ihwan
Musyawarah Penetapan data SDGs Desa Mattirowalie, telah dilaksanakan di Aula Lantor Desa Mattirowalie, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulsel. 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, KINDANG - Desa Mattirowalie, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba menjadi desa pertama dari 109 desa di Bulukumba, yang merampungkan pemutakhiran data berbasis SDGs atau Sustainable Development Goals.

Pemutakhiran data berbasis SDGs ini digaungkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Itu dalam mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data.

Proses pemutakhiran ini berlangsung mulai dari 1 Maret 2021 lalu dan akan berakhir pada 31 Mei 2021 mendatang.

Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa ini merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detail, lebih mikro sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak dan sebagai proses perbaikan.

Karena terdapat pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

Menjadi desa pertama melaksanakan musyawarah penetapan data SDGS, sesuai janji pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), bakal mendapatkan reward atau penghargaan.

Musyawarah Penetapan data SDGs Desa Mattirowalie sendiri, telah dilaksanakan di Aula Kantor Desa Mattirowalie, Kecamatan Kindang, Jumat (28/5/2021) kemarin.

Saat kegiatan berlangsung, mereka kompak dengan mengenakan baju persatuan berwarna hijau.

Kepala Desa Mattirowalie, H Jufri, Sabtu (29/5/2021) mengatakan, penyelesaian pemutakhiran data berbasis SDGs Desa tidak terlepas dari peran semua pihak yang selalu memberikan dukungan penuh agar berjalan dengan baik dan tepat waktu.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved