Breaking News:

Gerhana Bulan Total 2021

MUI Sinjai Serukan Salat Sunah Gerhana Bulan Malam Ini

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menyerukan mengadakan salat sunnah gerhana bulan disetiap masjid di Kabupaten Sinjai

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Sudirman
TRIBUN-TIMUR.COM/SAMBA
Masjid Agung Nujumul Ijtihat, Kabupaten Sinjai sebagai pusat penyelenggaraan salat sunah gerhana bulan di Jl Persatuan Raya 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menyerukan mengadakan salat sunnah gerhana bulan disetiap masjid di Kabupaten Sinjai, Rabu (26/5/2021).

Oleh pengurus MUI Sinjai mengungkapkan bahwa perintah Rasulullah SAW agar melaksanakan salat sunah sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

" Gerhana matahari dan bulan itu sebagai tanda kebesaran Allah dan perlu kita mensyukuri yang mendapatinya dengan melaksanakan salat sunah dan banyak berzikir kepada-Nya," kata Wakil Ketua MUI Sinjai, Fadhelullah Marzuki.

Mereka menganjurkan masyarakat Sinjai melaksanakan salat gerhana agar masyarakat yang sebelumnya yang memiliki mitos kembali memurnikan agama Islam.

" Dulu sebelum Islam berkembang di Sinjai banyak sekali masyarakat kita menjadikan mitos fenomena alam itu dan bahkan masih ada saat ini, karena itu kita harus memurnikan Islam dengan benyak berdoa kepada Allah terkait fenomena ini," kata Pimpinan Pondok Pesantren Al Markaz Darul Istiqamah Sinjai ini.

Salat sunah itu diartikan sebagai bentuk ketaqwaan kita kepada Allah dan sesuai anjuran Rasullullah SAW.

Terpisah pengurus Masjid Agung Nujumul Ijtihat Sinjai juga mengundang MUI Sinjai, pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) lembaga dakwa lainnya dan ormas keagamaan lainnya untuk sama-sama menyelenggarakan salat gerhana itu.

Rencananya pelaksanaan salat itu akan dipimpin oleh Imam Masjid Agung Sinjai, Muh Nasrun.

Sedangkan yang bertindak sebagai Khatib KH Abd Hamid DM.

Terpisah sejumlah pengurus masjid di sejumlah desa di kecamatan di Sinjai juga ikut mempersiapkan sore ini salat gerhana bulan.

Seperti pengelola Masjid Sunnatul Huda, Kecamatan Sinjai Selatan, Hamzah menyampaikan bahwa akan mempersiapkan salat sunnah gerhana bulan malam nanti.

" Kami sudah menyampaikan ke masyarakat untuk sama-sama mengikuti salat gerhana bulan," kata Hamzah.

Hal yang sama juga akan dilakukan oleh pengurus Masjid Nurul Hidayah Bulujampi, Desa Gareccing.

" Jika tidak ada halangan juga kami akan melakukan Salat Gerhana Bulan dan kami sudah sampaikan ke masyarakat untuk hadir bersama-sama berzikir usai salat itu," kata pengurus Masjid Nurul Hidayah Bulujampi, Muh Ilyas.

Setiap peristiwa fenomena alam gerhana matahari dan bulan di Kabupaten Sinjai rutin melakukan salat sunnah dan mengadakan tauziah dan zikir. (*)

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved