Breaking News:

Tribun Sulsel

Ditemukan 97 Ribu PNS Fiktif Terima Gaji dan Uang Pensiun, Ada dari Sulsel?

Ditemukan 97 Ribu PNS Fiktif Terima Gaji dan Uang Pensiun, Ada dari Sulawesi Selatan?

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasriyani Latif
ist
Kepala BKD Sulsel Imran Jausi 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Negara berpotensi mengalami kerugian setelah ditemukannya 97 ribu data pegawai negeri sipil (PNS) fiktif yang masih menerima gaji maupun dana pensiun.

Pertanyaannya, dari jumlah tersebut, apakah ada dari Sulawesi Selatan?

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulawesi Selatan (BKD Sulsel) Imran Jausi mengklaim, untuk di Sulsel tidak ada PNS fiktif.

"Alhamdulillah tidak adaji di Sulsel, untuk mengantisipasi hal seperti ini sejak 3 bulan lalu kami mengembangkan aplikasi e-Pinisi yang berbasis dokumen," kata Imran via pesan WhatsApp, Rabu (26/5/2021).

"Sehingga setiap saat proses pembaharuab data ASN dpt dikontrol dan dikendalikan sesuai kebutuhan layanan kepegawaian, termasuk layanan penetapan pensiun ASN," jelasnya.

Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Badan Kepegawaian Daerah meluncurkan suatu aplikasi berbasis elektronik bernama Aplikasi E. Pinisi yang merupakan singkatan dari ‘Pengelolaan Informasi Kepegawaian Terintegrasi’.

Pada tahun 2018, BKD Provinsi Sulawesi Selatan, sudah melakukan proses pemutakhiran data bagi para ASN namun upaya tersebut dinilai belum maksimal karena masih dilakukan secara konvensional.

Sehingga tidak berpengaruh signifikan untuk kelancaran pelayanan administrasi kepegawaian khususnya proses kenaikan pangkat, KGB, dan sebagainya.

Berangkat dari kondisi tersebut yang kemudian diperkuat dengan Peraturan Presiden yang mengamanahkan adanya tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Maka Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan menggagas hadirnya Aplikasi E-Pinisi guna mendukung optimalisasi pelayanan administrasi kepegawaian.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved