Breaking News:

Tribun Sinjai

Kasat Reskrim Polres Sinjai Minta Aparat Desa Transparan Gunakan Dana Desa

Kasat Reskrim Polres Sinjai Iptu Abustam tampil sebagai pembicara di depan aparatur Pemerintah Desa di kantor PMD Sinjai

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Suryana Anas
Dok Pribadi Iptu Abustam
Kasat Reskrim Polres Sinjai, Iptu Abustam sampaikan pentingnya pengelolaan dana desa yang transparan ke puluhan aparat desa di kantor PMD Sinjai 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA-Kasat Reskrim Polres Sinjai Iptu Abustam tampil sebagai pembicara di depan aparatur Pemerintah Desa di kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kabupaten Sinjai, Selasa (24/5/2021).

Ia menegaskan kepada puluhan aparat desa mengenai pentingnya transparansi pengelolaan dan penggunaan dana desa kepada publik.

Diungkapkan bahwa beberapa aparat desa di Kabupaten Sinjai dan di Sulawesi Selatan berkasus korupsi karena tidak transparansi dalam hal penggunaan anggaran kepada publik.

"Pernah kami tangani kasusnya oknum kepala desa, melakukan penyimpangan penggunaan dana desa, oknum itu membelanjakan dana desa dan tidak melibatkan KAU keuangannya," kata Abustam.

Ia menegaskan bahwa sumber dana desa tersebut dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara untuk digunakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa secara merata.

Misalnya anggaran dana desa tersebut digunakan membangun jalan. Jalan tersebut nantinya memiliki asas manfaat karena bisa memperlancar akses ekonomi dan mobilitas masyarakat desa.

Demikian juga pada pembangunan irigasi. Diharapkan dalam penggunaan dana desa itu dapat transparan dan sesuai dengan peruntukannya.

Dalam mengawasi pengelolaan anggaran dana desa tersebut, masyarakat terlibat dan proses hukumnya ada kepolisian dan kejaksaan, jelas Abustam.

Diacara itu, Abustam juga mengingatkan bahwa MOU Kapolri, Mendagri dan Mendes terkait pencegahan dan pengelolaan dana desa menegaskan bahwa alokasi khusus 8 % dari dana desa untuk kegiatan pencegahan dan penanganan Covid 19.

Dalam MOU tersebut ditegaskan pengelolaan dana desa harus transparan, akuntabel, partisipatif dan tertib disiplin administrasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved