Breaking News:

Obat Penurun Demam

Obat Penurun Demam yang Banyak Dijual di Apotek Selain Paracetamol

Penyakit panas atau demam kerap kali menimpa seseorang. Dalam kondisi seperti ini, obat penurun panas menjadi pilihan utama agar demam bisa diturunkan

Editor: Muh. Irham
Shutterstock
Ilustrasi demam 

TRIBUNTIMUR.COM - Penyakit panas atau demam kerap kali menimpa seseorang. Dalam kondisi seperti ini, obat penurun panas menjadi pilihan utama agar demam bisa diturunkan. 

Ada banyak obat demam yang tersedia di toko obat atau apotek. Salah satu piliha obat penurun demam yang paling banyak dicari adalah, paracetamol.

Namun, obat penurun demam tidak hanya paracetamol. 

Dilansir dari Mayo Clinic, demam merupakan salah satu mekanisme tubuh ketika bereaksi terhadap sesuatu yang dianggap tidak normal, seperti infeksi virus atau bakteri.

Tujuan kenaikkan suhu tubuh tersebut adalah agar kuman tidak nyaman berada di dalam tubuh. Demam juga merupakan salah satu cara alami mengaktifkan sistem pertahanan tubuh.

Demam membuat sel-sel darah putih lebih aktif dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jadi, demam punya fungsi yang baik bagi kesehatan.

Obat penurun panas

Demam yang menjadi gejala penyakit tidak berbahaya sebetulnya tidak perlu diobati. Pasalnya, apabila setiap kali demam seseorang minum obat penurun panas, hal itu bisa menghentikan kerja tubuh normal dalam melawan kuman dan meningkatkan imunitas.

Jadi, sebaiknya pada kondisi tertentu saja obat penurun panas perlu dikonsumsi. Misalnya, demam berpotensi menyebabkan risiko buruk seperti dehidrasi dan kejang jika dibiarkan. Pada bayi, obat demam bisa diberikan ketika mereka rewel dan kurang istirahat.

Setidaknya ada tiga jenis obat penurun panas yang bisa diberi bebas tanpa resep dokter. Ketiga jenis obat penurun panas tersebut, yakni paracetamol dan obat-obatan dari golongan antiinflamasi non steroid (AINS), seperti ibuprofen dan aspirin.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved