Breaking News:

Tribun Luwu Timur

Mau Gelar Gombo Bangke, Pemangku Adat Pamona Temui Bupati Luwu Timur

Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu bakal menggelar rapat akbar atau dalam bahasa Pamona disebut Gombo Bangke pada 28 Juni 2021 mendatang.

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Suryana Anas
Humas Pemkab Luwu Timur
Pemangku Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu silaturahmi dengan Bupati Luwu Timur, Budiman di rujabnya, Senin (1752021). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu bakal menggelar rapat akbar atau dalam bahasa Pamona disebut Gombo Bangke pada 28 Juni 2021 mendatang.

Gombo Bangke akan digelar di Dusun Tawibaru Desa Pancakarsa, Kecamatan Mangkutana, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ketua panitia Gombo Bangke, Yansen Rampu mengatakan kegiatan tersebut melibatkan semua pemangku adat pamona di tingkat desa dan dusun se Lemba Pamona.

"Yang berada Luwu Utara dan Luwu Timur kurang lebih 25 desa/dusun yang didiami oleh masyarakat adat Pamona," kata Yansen, Selasa (18/5/2021).

Kemarin, Senin (17/5/2021), Pemangku Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu sudah silaturahmi dengan Bupati Luwu Timur, Budiman di rujabnya.

Hadir Ketua Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu, Pellias Tangoa dan dewan adat yaitu Yonto Mongadi, Kalvin Endo Lembo, Bartil Ropelemba.

Kemudian Ketua Panitia Musyawarah Besar Lembaga Adat Pamona, Yansen Rampu. Hadir juga  penasehat tim relawan SintuwuRaya, Pdt Eliezer Meringi, Kades Bayondo dan Tadulako, Ketua Adat Lipu Angkona serta Sekretaris Tim Relawan Pamona SintuwuRaya, Bobi Hertanto

Bupati Luwu Timur, Budiman meminta agar panitia mempersiapkan dengan baik serta tetap menerapkan protokol kesehatan dalam Gombo Bangke.

"Buat semeriah mungkin, namun harus tetap mematuhi standar protokol kesehatan mengingat situasi daerah kita masih berjuang menekan penyebaran virus Covid -19," kata Budiman.

Menurut Budiman, eksistensi lembaga adat sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah dalam pembangunan sumberdaya manusia khususnya pengembangan adat budaya di Luwu Timur.

"Kedepannya, kami akan memperkuat lembaga-lembaga adat yang ada di Luwu Timur,"

"Karena lembaga inilah yang akan menjaga nilai-nilai moral karakter budaya di daerah," imbuh bupati.

Ketua Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu, Pellias Tangoa mengatakan Bupati Luwu Timur sangat merespon dengan baik kegiatan ini.

"Bahkan beliau minta agar dilakukan dengan meriah namun tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Pellias Tangoa.

Pellias juga mengatakan, lembaga adat Lemba Pamona siap mengawal dan mendukung program pemerintah daerah dalam pembangunan adat dan budaya di Luwu Timur. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved