Breaking News:

Israel

Indonesia Ternyata Rutin Impor Barang dari Israel, Ini Faktanya

Secara politik, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Itulah alasan sehingga tak ada kantor Kedutaan Besar Israel di Indonesia

Editor: Muh. Irham
int
bendera Israel 

TRIBUNTIMUR.COM – Secara politik, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Itulah yang menjadi alasan sehingga tak ada kantor Kedutaan Besar Israel di Indonesia.

Indonesia juga tidak memiliki kedutaan besar di Israel.

Kendati demikian, tidak adanya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel tak membuat kedua negara mengunci perbatasannya dari barang-barang yang dipasok antarnegara.

Setiap tahun ternnyata Indonesia masih melakukan aktivitas pergadangan dengan Israel.

Hal ini terbukti melalui data ekspor-impor antara Indonesia dan Israel yang dicatat Badan Pusat Statistik (BPS).

Meski bukan tergolong negara pemasok barang impor terbesar ke Indonesia, transaksi impor produk-produk Israel ke Indonesia nilainya mencapai miliaran rupiah tiap tahun.

Dalam 5 tahun terakhir saja, nilai barang yang diimpor dari Israel ke Indonesia mencapai 345,45 juta dollar AS atau setara Rp 4,9 triliun sepanjang 2016-2020.

Nilai tersebut merupakan harga untuk pembelian beragam produk dengan total berat mencapai 27.750 ton secara akumulasi 5 tahun.

Nilai impor ini memang bergerak fluktuatif tiap tahunnya.

Di 2016 misalnya, Indonesia belanja produk Israel senilai 109,93 juta dollar AS, kemudian di 2017 turun menjadi 106,95 juta dollar AS.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved