Breaking News:

Arus Balik Mudik Sulsel

Bawa Penumpang dari Pangkep, Tiga Kapal di Pelabuhan Paotere Makassar Diminta Putar Balik

Tiga kapal penumpang di Pelabuhan Paotere Makassar, diminta putar balik oleh aparat Ditpolair Polda Sulsel dan Polres Pelabuhan Makassar

Penulis: Muslimin Emba | Editor: Sudirman
TRIBUN-TIMUR.COM/EMBA
Tiga kapal penumpang di Pelabuhan Paotere Makassar, diminta putar balik oleh aparat kepolisian dari Ditpolair Polda Sulsel dan Polres Pelabuhan Makassar, Minggu (16/5/2021) pagi. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tiga kapal penumpang di Pelabuhan Paotere Makassar, diminta putar balik oleh aparat Ditpolair Polda Sulsel dan Polres Pelabuhan Makassar, Minggu (16/5/2021) pagi.

Ketiga kapal itu mengangkut penumpang dari pulau yang ada di Kabupaten Pangkep.

Mereka disinyalir mengangkut penumpang arus balik mudik lebaran.

Sebelum diminta putar balik, petugas gabungan lebih dahulu melakukan pemeriksaan identitas terhadap penumpang.

Penumpang yang ber-KTP Kota Makassar diperbolehkan turun dari kapal.

Sementara, penumpang yang ber-KTP luar Kota Makassar diminta tetap di atas kapal lalu putar balik.

"Kita melakukan penyekatan yaitu bagi yang KTP Makassar kita persilahkan turun (dari kapal), namun tetap dilakukan pendataan," kata Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Asfada kepada wartawan.

Penyekatan itu kata Iptu Asfada, bagian dari upaya pencegahan penyebarluasan virus Covid-19.

Mengingat, aturan Larangan Mudik  (6-17 Mei) juga diperpanjang hingga 24 Mei mendatang.

"Sebetulnya, hanya sampai 17 Mei namun diperpanjang dengan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan sampai 24 Mei," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan arus balik yang masuk ke Kota Makassar, pihaknya mengaku akan terus intens melakukan penyekatan.

"Jadi ini masih sama dengan penyekatan sebelum Idul Fitri dengan pemeriksaan, termasuk untuk tanggal 16-20 Mei akan dilakukan tes antigen secara acak kepada penumpang yang baru turun dari kapal," terang Asfada.

Sejauh ini kata Asfada, ada puluhan aparat gabungan yang di siagakan di Pos Operasi Ketupat Kawasan Pelabuhan Paotere Makassar.

"Kami dari personel Polres Pelabuhan ada satu regu yang standby di Posko, ditambah personel Ditpolair Polda Sulsel lima orang, ditambah petugas yang melaksanakan patroli 15 orang," jelasnya.

Sekedar diketahui, selama penerapan Larangan Mudik diberlakukan, kapal-kapal yang diperbolehkan masuk ke Pelabuhan Paotere hanya pengangkut barang.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved