Breaking News:

Hamas

Kehebatan dan Tujuan Hamas, Kelompok Militan Palestina Sering Serang Israel Pakai Roket Tel Aviv

Kehebatan dan tujuan Hamas, kelompok militan Palestina yang didirikan oleh ulama Palestiuna, sering serang Israel pakai roket Tel Aviv

Editor: Ansar
AP Photo
Kehebatan dan tujuan Hamas, kelompok militan Palestina yang didirikan oleh ulama Palestiuna, sering serang Israel pakai roket Tel Aviv 

TRIBUN-TIMUR.COM - Menjadi sosok yang kirim rudal ke Isarel, Hamas merupakan kelompok terbesar dari beberapa kelompok Islam militan Palestina.

Dikutip BBC News, nama Hamas sendiri merupakan akronim Arab untuk Gerakan Perlawanan Islam, atau Harakat al-Muqawama al-Islamiya.

Hamas didirikan oleh Sheikh Ahmed Yassin, seorang ulama Palestina.

Hamas adalah gerakan militan Palestina yang juga merupakan satu di antara dua partai politik besar di wilayah itu, jelas Council on Foreign Relations (CFR), sebagaimana diwartakan The Sun.

Ledakan menerangi langit malam setelahpesawat tempur Israel menghantam beberapa pos milik pemerintah Hamas di Jalur Gaza(Anadolu Agency)
Ledakan menerangi langit malam setelahpesawat tempur Israel menghantam beberapa pos milik pemerintah Hamas di Jalur Gaza(Anadolu Agency) (ist)

Selama bertahun-tahun, kelompok Hamas telah melakukan penembakan, pemboman, dan serangan roket ke wilayah Israel.

Sejak 2008, gerilyawan Israel dan Hamas di Gaza juga telah berperang sebanyak tiga kali di lintas perbatasan dan telah mengalami banyak pertempuran sejak kelompok itu menguasai Gaza pada 2007.

Israel sendiri sering melancarkan operasi militer mematikan untuk menyerang kelompok bersenjata Palestina itu.

Pada Senin (10/5/2021), Israel melakukan beberapa serangan udara di Gaza, dan kemudian Hamas pun membalasnya dengan menembakkan roket ke Tel Aviv.

Kata BBC, bagi para pendukungnya, Hamas dipandang sebagai gerakan perlawanan yang sangat sah.

"Hamas adalah organisasi perlawanan, yang juga bertanggung jawab untuk mengelola Jalur Gaza," ujar para peneliti di The Conversation.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved