Breaking News:

Idulfitri 1442 H

Bupati dan Wakil Bupati Wajo Salat Id di Masjid Agung Ummul Qura Sengkang

Bupati dan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud dan Amran berlebaran bersama ribuan umat muslim di Masjid Agung Ummul Qura Sengkang

TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSYAH ABDI GUNAWAN
Bupati Wajo, Amran Mahmud saat memberikan sambutan di Masjid Agung Ummul Qura Sengkang, Kabupaten Wajo, Kamis (13/5/2021). 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Umat Muslim di seluruh dunia bersuka cita merayakan Idulfitri 1442 H, Kamis (13/5/2021).

Di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, meski masih dalam pandemi Covid-19, salat id tetap dilangsungkan di masjid, musallah, serta di lapangan.

Bupati dan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud dan Amran berlebaran bersama ribuan umat muslim di Masjid Agung Ummul Qura Sengkang yang membludak hingga ke Lapangan Merdeka.

“Mari kita sambut hari raya idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah dengan rasa syukur, meski dengan cara yang berbeda dalam tatanan kehidupan normal yang baru ini,” kata Amran Mahmud, dalam sambutannya.

Menurutnya, silaturrahmi bisa tetap tersambung meski dalam situasi pandemi yang memaksa untuk menjaga jarak.

"Walaupun lengan tidak bisa merangkul, tangan tidak dapat berjabat dengan erat, akan tetapi jiwa yang suci telah disatukan untuk saling memaafkan," katanya.

Pandemi ini adalah ujian dan sudah menjadi ketentuan Sang Ilahi, sambung Amran. Olehnya, sebagai umat Muslim yang telah sebulan menjalani Ramadan, diharapkan juga mampu melalui pandemi ini dengan penuh kesabaran.

“Kita sedang diuji, apabila kita dapat melaluinya dengan penuh kesabaran, ketabahan dan keikhlasan, kita akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT," katanya.

Tak lupa, Ketua DPD PAN Wajo itu senantiasa mengingatkan kepada masyarakat yang mengikuti salat Id di Masjid Agung Ummul Qura Sengkang dan Lapangan Merdeka untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

"Walaupun sampai dengan saat ini, tidak terdapat penambahan kasus covid-19. Akan tetapi, kondisi ini jangan sampai membuat kita menjadi lengah. Kita harus tetap waspada. Mari terus kita jaga iman dan imun diri sendiri, keluarga dan masyarakat dalam setiap aktivitas keseharian,” katanya.

Kapasitas tampungan jemaah di Masjid Agung Ummul Qura Sengkang yang hanya dibatasi 50% saja, membuat jemaah membludak di Lapangan Merdeka Sengkang.

Salat Id dipimpin oleh Imam Masjid Agung Ummul Qura Sengkang, yakni Abdul Waris Ahmad.

Sementara, yang mengisi khutbah Idulfitri yakni pengurus Nahdlatul Ulama Sulsel, Bunyamin Yafid.

Pemerintah Kabupaten Wajo telah mengeluarkan imbauan untuk tidak melakukan open house atau halalbihalal pasca lebaran.

Hal itu juga sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Wajo, yang saat ini sudah nol kasus Covid-19. (*)

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved