Breaking News:

Tribun Sulsel

Hingga April Serapan Anggaran Pemprov Sulsel 15%, Bappelitbangda: Diluar PEN 20-25%

Hingga April Serapan Anggaran Pemprov Sulsel 15%, Bappelitbangda: Diluar PEN 20-25%

Humas Pemprov Sulsel
Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel Andi Darmawan Bintang 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Andi Darmawan Bintang menginformasikan, terkait serapan anggaran Pemprov Sulsel hingga Triwulan II pertama April 2021.

"Kemarin kan serapan anggaran kalau kita lihat anggaran secara keseluruhan kan didalamnya juga ada pinjaman PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) Rp 1 triliun, kan begitu dihitung," ujarnya ditemui dikantor Gubernur Sulsel Jl Urip Sumoharjo Makassar, Senin (10/5/2021).

Tapi, kata Darmawan, itu belum dimanfaatkan.

"Jadi misalnya kalau dikasi keluar itu yang Rp 1 triliun, otomatis akan naik, jadi kalau kita bilang 15 persen, kalau pembaginya kan Rp 12 triliun. Kalau dibagi Rp 11 triliun kan sudah di atas 20 persen atau 25 persen di luar yang pinjaman tadi," katanya.

Ia menegaskan pinjaman PEN Tahap II tidak bisa digunakan.

"Kan ada yang disimpan didalam tapi sebenarnya kita tidak bisa pakai karena berdasarkan pinjaman yang belum diputuskan," katanya 

Masih rendahnya serapan anggaran, ditengarai adanya proses refocusing anggatan.

"Kemarin kan kita dalam proses refocusing, otomatis dilakukan beberapa perbaikan dalam DPA (Dokumen Penggunaan Anggaran), baik yang dikurangi sama sekali," katanya.

"Sebab itu kegiatan-kegiatan yang melekat di OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dipending dulu sampai selesai pelaksanaan refocusing," tambahnya.

Ditanya soal OPD apa yang serapan anggaranya sangat minim, Darmawan menilai, tak tepat bila istilah minim disebut.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved