Breaking News:

Tribun Sidrap

Resmi Terapkan BlUe, Kadishub Sidrap: Buku Uji KIR Bakal Ditukar dengan Smart Card

akan mendapatkan sertifikat data teknis kendaraan dan stiker berhologram dengan barcode

Penulis: Nining Angraeni | Editor: Imam Wahyudi
TRIBUN TIMUR/NINING
Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) resmi diterapkan di Kabupaten Sidrap ditandai dengan launching di Kantor UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, Jl. Poros Parepare Terminal Lawawoi, Jumat, (07/06/2021). 

TRIBUNSIDRAP.COM, SIDRAP - Pemerintah Kabupaten Sidrap terus berbenah dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. 

Salah satunya yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidrap dengan menerapkan Bukti Lulus Uji secara Elektronik (BLU-e)

Penerapan BLU-e ditandai dengan launching di Kantor UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, Jl. Poros Parepare Terminal Lawawoi, Jumat, (07/06/2021). 

Kadis Perhubungan Kabupaten Sidrap, Labengnga, mengatakan BLU-e menggunakan sistem smart card yang lebih mudah dan efektif.

Sebab, seluruh database kendaraan tersimpan secara elektronik dan dapat dibaca melalui aplikasi cek KIR. 

"Database kendaraan dapat dibaca baik secara online maupun offline melalui Near File Communication (NFC)," bebernya. 

Kendaraan yang telah diuji KIR, lanjutnya, akan mendapatkan sertifikat data teknis kendaraan dan stiker berhologram dengan barcode serta terdapat nomor ujinya. 

"Tidak pakai lagi buku uji dan buku induk. Setiap kendaraan yang datang nanti menukar buku uji KIRnya dengan smart card," ungkapnya. 

Ia menambahkan, perubahan layanan KIR itu tidak hanya kepada kendaraan lama.

Dikatakannya, kendaraan baru, mutasi, perpanjangan uji KIR (berkala) juga bisa mendapatkan smart card KIR sebagai pengganti buku lulus uji. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved