Breaking News:

Kontroversi Gibran Rakabuming Larang Orang Mudik Tapi Berwisata Aman, Komentar Anak Presiden Jokowi

Nama Walikota Solo Gibran Rakabuming tengah jadi sorotan. Anak kandung Presiden Jokowi itu memicu kontriversi karena kebijakannya melarang keras masy

Tribun Solo
Waduh Kontroversi Gibran Rakabuming Larang Orang Mudik Tapi Berwisata Aman, Komentar Anak Presiden Jokowi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Nama Walikota Solo Gibran Rakabuming tengah jadi sorotan.

Anak kandung Presiden Jokowi itu memicu Kontroversi karena kebijakannya melarang keras masyaralat Mudik.

Celakanya di satu sisi memperbolehkan masyarakat berwisata. Termasuk mereka yang datang dari luar kota seperti Jakarta dipersilahkan masuk Solo. 

Termaktib dalam surat edaran bernomor 067/1309, Gibran memberikan izin kepada wisatawan datang dan menginap di Solo asalkan mengantongi surat keterangan negatif Covid-19.

"Berwisata ke Solo boleh. Masuk sesuai peraturan reguler biasa. Jalan-jalan lihat keindahan di tempat wisata," kata Sekretaris Daerah Kota Solo Ahyani, Kamis (6/5/2021), dikutip tribuntimur dari Wartakota

Termasuk wisatawan dari ibukota Jakarta juga diperbolehkan datang ke Solo jika memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Selama libur Lebaran 2021, destinasi wisata di Kota Solo juga diperbolehkan tetap beroperasi, tapi ada beberapa pembatasan yang diberlakukan.

"Tempat wisata boleh buka tapi yang reguler. Tidak boleh ada event yang bersifat mengumpulkan massa," kata Ahyani yang juga Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 Solo.

Sementara itu, jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas normal dan wajib melaksanakan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Sedangkan Kepala UPT Taman Balekambang Solo Sumeh mengatakan, Taman Balaikambang tetap beroperasi saat libur Lebaran 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Nanti akan ada event Bakdan Ing Balekambang selama libur Lebaran," kata dia.

Menurutnya pengunjung yang masuk akan diatur agar tidak terjadi kerumunan di dalam taman. Pengunjung yang masuk Taman Balekambang akan dibatasi sekitar 500 orang setiap sesi.

"Bakdan Ing Balekambang kita bagi beberapa sesi. Nanti buka pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Kemudian pukul 12.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Pengunjung masuk pakai tiket tapi gratis," kata dia.

Lebih lanjut, Sumeh menambahkan, pengunjung yang masuk Balekambang harus menerapkan prokes ketat dengan memakai masker.

Menurutnya kakak kandung Kaesang Pangarep, pengunjung anak di bawah umur lima tahun, ibu hamil dan lanjut usia (lansia) tidak diperbolehkan masuk Taman Balekambang.

"Pengunjung Taman Balekambang yang kita harapkan sekitar Solo dan sekitarnya," terang Sumeh.

Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved