Breaking News:

Komisi Pemberantasan Korupsi

Konfrensi Pers KPK Kini Berlatarbelakang Presiden Jokowi

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dijalani oleh para pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi sorotan publik

Editor: Muh. Irham
int
Konfrensi pers Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 

TRIBUNTIMUR.COM - Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dijalani oleh para pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi sorotan publik. Materi dalam tes itu dinilai tak sesuai dengan tugas pegawai KPK.

KPK menyampaikan hasil asesmen TWK pegawai KPK untuk alih status sebagai aparatur sipil negara (ASN). Dalam pengumuman itu, terlihat hadir Ketua KPK Firli Bahuri ditemani Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Kemudian terdapat Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK Indriyanto Seno Adji dan Sekjen KPK Cahya Harefa. Terlihat ada yang berbeda dalam konferensi pers itu.

Di bagian latar belakang yang biasanya hanya tercantum logo KPK terdapat foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Selain itu, ada pula bendera Merah-Putih.

Berdasarkan pengamatan Tribun, hal itu baru di KPK. Sebelumnya, tidak ada foto presiden atau wakil presiden di latar belakang saat konferensi pers KPK.

Dalam konpers itu, Ketua KPK Firli Bahuri menyayangkan sikap pegawai KPK yang ada membocorkan materi soal tes wawasan kebangsaan. Sebelum ada pengumuman resmi hasil tes, kata dia, seharusnya tidak ada kebocoran materi.

"Kami semua sangat menyayangkan ada pihak-pihak yang telah mengambil suatu sikap dan telah menjadikan pihak yang mengaku memiliki informasi dan telah membocorkan informasi tanpa menunggu pengumuman resmi dari lembaga KPK," ujar Firli di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Ia mengatakan proses peralihan status pegawai menjadi ASN adalah amanat Undang-Undang KPK Nomor 19 Tahun 2019. Menurutnya, mustahil jika pada proses ini terdapat kepentingan pribadi ataupun kelompok tertentu.

"KPK ingin menegaskan pada kesempatan sore hari ini, tidak ada niat KPK untuk mengusir insan KPK dari lembaga KPK," tuturnya.
Pertanyaan Seputar FPI

Seorang pegawai KPK yang mengikuti tes mengutarakan sejumlah pertanyaan yang muncul dalam TWK. Di antaranya ada seputar Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab, HTI, hak LGBT, hingga doa Qunut dalam Salat.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved