Breaking News:

Tribun Bone

Penjelasan Bappelitbangda Soal Infrastruktur di Bone Pakai Dana PEN

Ketua Komisi D Bidang Pembangunan DPRD Sulsel, Rahman Pina gusar atas kegiatan infrastruktur yang carut marut di Sulawesi Selatan (Sulsel)

TRIBUN-TIMUR.COM/MUHAMMAD FADHLY ALI
Plt Bappelitbangda Sulsel, Andi Darmawan Bintang 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ketua Komisi D Bidang Pembangunan DPRD Sulsel, Rahman Pina gusar atas kegiatan infrastruktur yang carut marut di Sulawesi Selatan (Sulsel)

“Ini bisa jadi bom waktu. Hampir semua kegiatan dari pinjaman dana PEN bermasalah. Selain pekerjaan yang terancam mangkrak, juga manfaat dari kegiatan yang menghabiskan dana triliunan itu,” katanya.

Ia mencontohkan banyak kegiatan di Bone yang sempat dikunjungi.

Mulai dari bendungan Lalengrie, bendungan Waruwaru, pembangunan RS Regional Bone hingga Islamic Center yang ternyata dibangun di ibukota kecamatan.

“Kami sudah tugaskan inspektorat untuk melakukan pemeriksaan khusus. Bahkan kalau tidak juga memuaskan, kita akan minta APH (Aparat Penegak Hukum) turun tangan,” katanya.

Terkait pembangunan bendungan, Plt Bappelitbangda Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, "sebenarnya bukan saya yang jawab".

"Tetapi karena ada pengetahuanku di sana yah begini. Jadi intinya bendungan itu mempunyai sumber daya air yang cukup menurut hasil perencanaan dan pengujian yang dilakukan konsultan perencana pembangunan," katanya.

"Memang sebelumnya ada sumber air yang kira-kira di sana berjarak sekitar 2 kilomoter atau 3 kilometer dari yang sekarang," tambahnya.

Hanya saja, kata dia, karena ketinggian untuk bendung itu melampaui 15 meter sehingga tidak bisa dikategorikan sebagai bendung.

"Kalau lebih dari 15 meter air DAM bendung yang mau dibangun bendungan namanya. Itu membutuhkan persetujuan biaya yang cukup besar, kemudian tahapan bangunan bukan satu tahun," katanya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved