Breaking News:

Hari Pendidikan Nasional

Makna Hardiknas Bagi Akademisi Unismuh, Keberhasilan Pendidikan Ditentukan Kemerdekaan

Akademisi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr Andi Sukri Syamsuri mengatakan, keberhasilan pendidikan sangat ditopang

TRIBUN-TIMUR.COM/ARI MARYADI
Akademisi bidang Bahasa Bugis Unismuh Makassar, Dr Andi Sukri Syamsuri. (Foto Ari Maryadi Tribun Timur) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Akademisi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr Andi Sukri Syamsuri mengatakan, keberhasilan pendidikan sangat ditopang dan ditentukan oleh kemerdekaan.

Hal itu disampaikan Andi Sukri memaknai Hari Pendidikan Nasional pada hari Minggu (2/5/2021) hari ini.

"Kemerdekaan adalah sarana utama keberhasilan pendidikan dan pembelajaran yang beradab dan bermartabat," katanya kepada Tribun Timur.

Pengajar pendidikan bahasa dan sastra Indonesia ini mengatakan, Hari Pendidikan Nasional 2021 dengan tema Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar adalah sebuah bentuk proses yang menginginkan komitmen bersama.

Untuk menuju sebuah kemuliaan dengan perspektif psikologis melakukan perbaikan perbaikan atas apa yang pernah terjadi selama.

Sukri mengatakan, merdeka belajar di sini tentu yang dimaksudkan bukan pembelajaran bebas tanpa arah, bekerja tanpa tujuan, dan bertindak tanpa indikator.

Namun katanya, memberikan kebebasan belajar yang bertujuan untuk memanusiakan manusia dengan tindakan terukur.

Namun tidak dalam belenggu dan kewajiban administratif semata, serta proses pembelajaran yang melepaskan rasa takut berbuat atas berbagai tekanan bagi siswa dan guru dari berbagai dimensi kehidupan.

Menurutnya, sungguh menjadi keluarbiasaan sebelum Indonesia merdeka, satu satunya negara yang telah merintis sistem pendidikan yang hadir sebelum negara ini.

Sukri mengatakan, merdeka terbukti dengan pendidikan yang telah disungguhkan oleh Ki Hajar Dewantara yang menggagas pendidikan (sekolah) sebelum Indonesia merdeka.

Halaman
123
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved