Breaking News:

Tribun Bisnis

Bumi Karsa Ikut Serta Dalam Proyek Pembangunan Bendungan Budong-Budong Sulawesi Barat

Bumi Karsa Ikut Serta Dalam Proyek Pembangunan Bendungan Budong-Budong Sulawesi Barat

Bumi Karsa
Salah satu proyek yang Bumi Karsa yang mengerjakan Talang Poncol, Pemali di Semarang, Jawa Tengah. Bumi Karsa bergerak di bidang jasa konstruksi kini ikut serta dalam proyek pembangunan Bendungan Budong-Budong, di Kabupaten Mamuju Tengah. Bendungan ini nantinya akan menjadi bendungan pertama yang hadir di Provinsi Sulawesi Barat. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Bumi Karsa merupakan salah satu perusahaan dibawah naungan Kalla Group yang bergerak di bidang jasa konstruksi.

Bumi Karsa telah memperoleh sertifikat ISO dalam melaksanakan proyek di berbagai wilayah Indonesia.

Termasuk ikut serta dalam proyek pembangunan Bendungan Budong-Budong, di Kabupaten Mamuju Tengah.

Bendungan ini nantinya akan menjadi bendungan pertama yang hadir di Provinsi Sulawesi Barat.

Chief Operation Officer Bumi Karsa, Kamaluddin, Kamis (29/4/2021) mengungkapkan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kini telah memulai pembangunan Bendungan Budong-Budong.

Bendungan ini tengah memasuki tahap konstruksi dan nantinya akan digunakan untuk menambah jumlah tampungan air dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan air.

Bendungan Budong-Budong diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air baku Kabupaten Mamuju Tengah hingga 410 liter per detik, serta pasokan listrik PLTMH rata-rata 0,62 maksimal 1,63 MW.

Fungsi lain dari bendungan Budong-Budong ialah dapat mereduksi banjir di kota Topoyo sebesar 60 persen di kawasan rawan bencana.

Tak hanya itu, bendungan ini nantinya juga dapat digunakan untuk meningkatkan muka air tanah dan degradasi palung sungai Budong-Budong.

"Pengerjaan Bendungan Budong-Budong telah dimulai sejak Desember 2020 lalu dan estimasinya akan selesai pada Desember 2023 mendatang, proyek ini dikerjakan oleh beberapa kontraktor, termasuk Bumi Karsa," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Dian Amelia
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved