Breaking News:

Tribun Gowa

Hutan Malino Mulai Ditata, Pj Sekda Gowa Harap Berjalan Lancar

Kamsina meminta agar panitia tata batas yang bertugas di lapangan agar bisa bekerja dengan baik dan terus melakukan edukasi

TRIBUN TIMUR/SAYYID
Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Hj. Kamsina membuka Rapat Pembahasan dan Hasil Pemancangan Batas Sementara dan Identifikasi Hak-Hak Pihak Ketiga di Kabupaten Gowa di Ruang Rapat Hotel Bukit Indah Malino, Rabu (28/4/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Hj Kamsina membuka Rapat Pembahasan dan  Hasil Pemancangan Batas Sementara dan Identifikasi Hak-Hak Pihak Ketiga di Kabupaten Gowa di Ruang Rapat Hotel Bukit Indah Malino, Rabu (28/4/2021).

Saat ini, Hutan Malino memasuki tahapan penetapan tata batas.

Tujuannya untuk mengetahui wilayah yang masih masuk kawasan hutan dan sudah keluar dari kawasan hutan.

"Dengan adanya pemancangan batas ini dengan jelas yang mana hutan yang dipertahankan, yang mana sudah keluar dan yang tidak bisa dikeluarkan. Kita harap ini berjalan lancar," ujar Hj Kamsina.

Menurutnya, dengan adanya tata batas ini masyarakat tidak mudah lagi untuk mengklaim sebagai lahannya. 

Apalagi saat ini banyak masyarakat dalam pengakuan terhadap lahan sangat tinggi.

"Ini sangat penting bagi kita semua, yang namanya kawasan hutan ini sudah menjadi pertentangan antara satu dengan yang lain. Saya berharap apa yang sudah kita lakukan ini di Malino bisa juga dikembangkan di kecamatan lain," ujarnya.

Kamsina meminta agar panitia tata batas yang bertugas di lapangan agar bisa bekerja dengan baik dan terus melakukan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat. 

Begitupun dengan kawasan wisata, Kamsina meminta kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa untuk mengidentifikasi titik wisata yang masuk kawasan hutan agar segera dikoordinasikan.

"Jangan sampai ada titik masuk kawasan wisata lalu kita menerima retribusi kan tidak cocok. Kalau ada memang yang masih masuk dalam kawasan hutan supaya dicatat dan dikoordinasikan apakah bisa dikeluarkan dari kawasan hutan atau tidak," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved