Breaking News:

Kejari Tana Toraja

Januari-Maret, Capaian Kinerja Penanganan Perkara Cabang Kejari Tana Toraja di Rantepao

Bulan Januari hingga Maret 2021, Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Tana Toraja di Rantepao umumkan capaian kinerja

Dok Pribadi Deri Fuad Rachman
Kepala Cabang Kantor Kejaksaan Negeri Tana Toraja di Rantepao, Deri Fuad Rachman 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Bulan Januari hingga Maret 2021, Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Tana Toraja di Rantepao umumkan capaian kinerja yang telah dilaksanakan terkait penanganan perkara di wilayah hukumnya.

Dipimpin mantan Kasi Intel Halmahera Utara, Deri Fuad Rachman yang membawahi dua orang Jaksa dan tujuh pegawai Tata Usaha, serta sembilan orang PPNPN.

“Walau kondisi pegawai minim, kami tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan hukum serta tugas lainnya dengan sebaik mungkin,” ujar Deri, Selasa (27/4/2021).

Pria kelahiran Bandung 4 September 1980 itu menyampaikan pada bidang Tindak Pidana Umum telah menerima SPDP dari penyidik kepolisian yaitu 18 SPDP, kemudian ditindaklanjuti penyerahan berkas perkara (tahap I) sebanyak 25 perkara.

Daftar rincian perkara yaitu orang dengan harta benda, keamanan dan ketertiban umum, narkotika dan perlindungan anak dibawah umur.

“Sementara perkara telah dilaksanakan penerimaan tersangka dan barang bukti (tahap II) dari penyidik yang selanjutnya dilimpahkan ke pengadilan sebanyak 29 perkara,” tambah Deri.

Dijelaskan pula adapun pelaksanaan 31 eksekusi perkara tindak pidana hukum atas putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap dilakukan para Jaksa Eksekutor Cabjari Rantepao.

Kata Deri upaya dilakukan guna mendapatkan kepastian dan kemanfaatan hukum bagi pihak yang terlibat dalam proses penanganan perkara.

“Perkara tahap banding yaitu satu perkara dan kasasi tidak ada serta keseluruhan perkara sekitar 64 orang terdakwa terlibat tindak pidana,” jelasnya.

Sementara pada bidang Intelijen, telah dilaksanakan satu kegiatan Penyuluhan dan Penerangan Hukum bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional Toraja Utara dalam rangka melaksanakan Sosialisasi Program PTSL.

Bertemakan terkait permasalahan hukum bidang pertanahan, program Jaksa Masuk Sekolah dan pengamanan pelaksanaan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Toraja Utara.

Pada Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Jaksa Pengacara Negara Cabjari Rantepao terima lima surat kuasa khusus dari Bupati Toraja Utara melaksanakan bantuan hukum negosiasi pengembalian kerugian negara atas beberapa kegiatan berdasarkan LHP Inspektorat dalam rangka memulihkan dan mengembalikan kerugian kepada kas daerah.

“Sementara di bidang tindak pidana khusus, jaksa penyidik Cabjari Rantepao masih melaksanakan tiga penyelidikan dan untuk penuntutan belum ada kegiatan, satu kegiatan eksekusi,” tutup Deri. (*)

Laporan Kontributor : TribunToraja.Com,@b_u_u_r_y 

Penulis: Tommy Paseru
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved