Breaking News:

Tribun Mamasa

Indahnya Toleransi di Mamasa, Umat Kristiani Buka Puasa Bersama Remaja Masjid

Toleransi antar umat beragama di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat masih terjalin dengan baik.

TRIBUN-TIMUR.COM/SEMUEL MESAKARAENG
Buka puasa bersama PPGTM dan Remaja Masjid di Kecamatan Tanduk Kalua 

TRIBUNMAMASA.COM, TANDUKKALUA - Toleransi antar umat beragama di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, memang masih terjalin dengan baik.

Toleransi umat beragama di Kabupaten Mamasa, masih selaras dengan falsafah nenek moyang masyarakatnya, yakni "Sitayuk Sipakasalle, Sirande Maya-maya yang berarti saling menghargai dan saling mengasihi,".

Wujud toleransi itu dibuktikan oleh Persekutuan Pemuda Gereja Toraja Mamasa (PPGTM) Klasis Tanduk Kalua, Kecamatan Tandukkalua, yang menggelar buka puasa bersama Remaja Masjid Nurul Huda Malabo.

Buka puasa bersama yang digagas PPGTM bersama Remaja Masjid ini, menghadirkan Jemaah Masjid Nurul Huda Malabo, dengan mengangkat satu tema "Merajut persaudaraan dalam falsafah sitayuk sikamase, sirande maya-maya".

Kegiatan yang dihadiri oleh tokoh lintas agama, remaja masjid, pemuda gereja dan kepala Desa Malabo, berlangsung di Masjid Nurul Huda Malabo, Senin (26/4/2021) petang kemarin.

Kepala Desa Malabo, Andi Guntur, sekaligus perwakilan dari jamaah masjid Nurul Huda menyampaikan apresiasi yang besar kepada PPGTM Klasis Tandukkalua’.

Sebab kata dia, PPGTM telah menginisiasi kegiatan yang menggambarkan begitu Rukunnya Umat beragama Di kabupaten Mamasa Khususnya di Kecamatan Tandukkalua’.

“Gusdur pernah berkata, semakin dewasa iman seseorang, maka semakin toleran lah dia,” ucap Guntur mengutip kata Gusdur.

Andi Guntur juga menyampaikan, orang yang saling menghargai, tidak akan kehilangan apapun, namun bila masyarakat tak lagi saling menghargai, maka akan kehilangan segalanya.

“Kita semua sedang melaksanakan ibadah, kami orang islam sedang berpuasa dan kawan kawan nasrani sedang menjalankan perintah agamanya, yakni kasihi lah sesamamu manusia,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Semuel Mesakaraeng
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved