Breaking News:

Unhas

70 Mahasiswa FK Unhas Vokasi Kesehatan Asmat Praktik Klinik di Makassar

akultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas) melepas lebih dari 70 mahasiswa program D3-Vokasi Kesehatan Terpadu Kabupaten Asmat Papua

Unhas
Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas) melepas lebih dari 70 mahasiswa program D3-Vokasi Kesehatan Terpadu Kabupaten Asmat Papua 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas) melepas lebih dari 70 mahasiswa program D3-Vokasi Kesehatan Terpadu Kabupaten Asmat Papua.

Tujuannya untuk melakukan praktik klinik di beberapa wahana pendidikan di Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas Kota Makassar. 

Itu juga dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi, pengalaman dan ilmu pengetahuan.

Kegiatan pelepasan berlangsung di pelataran Asrama Mahasiswa Unhas, Senin (26/4/2021).

Dekan FK Unhas,  Prof dr Budu menjelaskan bahwa mahasiswa akan disebar pada 15 titik wahana pendidikan.

Di antaranya RSUD Kota Makassar, RSUD Haji, RSI Faisal, RSPTN Unhas, RS Bahagia, RSKD Dadi, Puskesmas Antang Perumnas, Puskesmas Tamalanrea.

Puskesmas Tamalanrea Jaya, Puskesmas Batua, Puskesmas Bara-Baraya, Puskesmas Jongaya, Puskesmas Mamajang. 

Prof Budu menambahkan, praktek klinik bagi mahasiswa dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan dalam fase pendidikan klinik sebagai bahan praktek belajar lapangan dan bagian dari pemenuhan SKS pendidikan di FK Unhas. 

"Praktek klinik diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir dan tingkat dua selama dua hingga tiga bulan ke depan," kata Prof Budu via rilis yang diterima Tribun, Selasa (27/4/2021).

Diri ya berharap mahasiswa tersebut bisa belajar dengan baik agar nantinya setelah selesai, memiliki pengalaman dalam melakukan tugasnya di pusat pelayanan kesehatan.

"Terutama di daerah Asmat Papua tempat asal mereka," jelas Prof. Budu. 

Program D3 Vokasi Kesehatan Terpadu Kabupaten Asmat pada Fakultas Kedokteran Unhas merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap masalah kemanusiaan. 

Program spesifik ini didesain dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat, khususnya daerah Asmat. 

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menghasilkan SDM unggul yang dapat membantu dalam peningkatan taraf indikator kesehatan daerah di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua. (*)

Penulis: Rudi Salam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved