Breaking News:

Tribun Gowa

Pj Sekda Gowa Harap Percepat Penyerapan Pendapatan dan Belanja Daerah

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Hj Kamsina berharap agar dilakukan percepatan penyerapan Anggaran

Humas Pemkab Takalar
Pemerintah Kabupaten Gowa menggerlar Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Triwulan I Tahun Anggaran 2021 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jum’at (23/4/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Pemerintah Kabupaten Gowa menggerlar Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Triwulan I Tahun Anggaran 2021 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jum’at (23/4/2021).

Dalam rapat tersebut, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Hj Kamsina berharap agar dilakukan percepatan penyerapan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2021.

"Bapak Bupati Gowa telah mengingatkan kita agar daya serap anggaran bisa lebih cepat dari tahun sebelumnya, sehingga pencairan tidak lagi menumpuk nanti di Desember 2021 ini," ujarnya. 

Hj Kamsina meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), baik penggunaan anggaran maupun PAD melakukan perencanaan yang baik untuk mempercepat serapan anggaran.

Apalagi, kata dia, tahun 2020 lalu Kabupaten Gowa merupakan kabupaten dengan serapan anggaran tertinggi di Indonesia, yaitu berada di posisi ke-4 nasional. 

Selain itu, ia juga berharap di triwulan kedua realisasi pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Gowa bisa di atas 50 persen.

"Saya minta SKPD agar menggerakkan kegiatan-kegiatan yang bisa dinikmati masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Jadi saya sampaikan seluruh SKPD untuk merencanakan apa yang harus dilakukan untuk merealisasikan anggaran-anggaran yang ada di SKPD masing-masing," ujarnya

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Gowa, Ismail Madjid mengatakan bahwa di triwulan pertama ini, PAD Kabupaten Gowa masih sekitar 19,18 persen. 

Menurutnya, hal ini karena penerimaan yang bersumber dari bagi hasil dan lain-lain yang sah masih rendah. 

Walaupun demikian, dari sektor penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah.

Halaman
12
Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved