Breaking News:

Tribun Luwu Timur

Bupati Luwu Timur Bentuk Tim Geopark Matano dan Sistem Danau Malili

Bupati Luwu Timur, Budiman telah menetapkan Surat Keputusan (SK) pembentukan Tim Pengembangan Taman Bumi (Geopark) Matano dan Sistem Danau Malili

ist
Bupati Luwu Timur, Budiman saat memimpin rapat tim Pengembangan Taman Bumi (Geopark) Matano dan Sistem Danau Malili di rujabnya, Jumat (23/4/2021). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Bupati Luwu Timur, Budiman telah menetapkan Surat Keputusan (SK) pembentukan Tim Pengembangan Taman Bumi (Geopark) Matano dan Sistem Danau Malili (TPTBM & SDM), Jumat (23/4/2021).

Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi dimana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya.

Istilah Geopark merupakan singkatan dari Geological Park yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Taman Geologi atau taman bumi.

Budiman mengatakan, tanpa menafikan aksi yang telah dilakukan sebelumnya terkait pengusulan Taman Bumi (Geopark) Matano, ia membentuk tim ini sebagai wadah untuk berkoordinasi Nomor 120/F-02/IV/Tahun 2021.

Menurutnya, perlu kolaborasi berbagai bidang ilmu dan perencanaan aksi yang jelas dari tim ini.

"Sehingga kita bisa berkolaborasi menyampaikan ide-ide dari seluruh aspek bidang ilmu yang dibutuhkan tim ini sampai Geopark Matano lahir," kata Budiman, Sabtu (24/4/2021).

Bupati Luwu Timur menambahkan sangat penting sekali bagi tim untuk membuat rencana aksi.

Pemerintah dan tim percepatan kata dia mengharapkan agar semua stakeholder baik dari pihak akademisi, lembaga profesional, dan masyarakat dapat bersinergi.

"Demi tercapainya rencana besar ini, sehingga rencana aksi menjadi sangat penting utamanya siapa yang melakukan apa menjadi jelas," ujarnya.

Dalam rapat kordinasi di Aula Rujab Bupati Luwu Timur, Jumat (23/4/2021) kemarin, Koordinator Tim Penyusun Dokumen (dossier), Sudarmin menjelaskan potensi Geopark Matano dan Sistem Sungai Malili.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved