Refleksi Ramadan 1442

Semua Kitab Suci Diturunkan di Bulan Ramadan, Air Mata Alquran adalah bulan Ramadan

Siapa pun yang berpuasa dengan keyakinan yang kuat selama bulan ini, adalah kewajiban Tuhan untuk mengampuni semua dosanya

Editor: AS Kambie
dok.tribun
Supratman Supa Atha'na, Dosen Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya Unhas 

Oleh:
Supratman Supa Athana
Dosen Sastra Asia Barat FIB Unhas

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Mengapa Ramadan disebut dengan nama Ramadan? Apa alasan Ramadan dinobatkan sebagai bulan termulia?

Bulan suci Ramadan juga sangat penting di antara bulan-bulan dalam setahun. Tak ada bulan yang mencapai keistimewan bulan ini.

Sungguh merugi manusia bila melewatkan bulan perjamuan kepada umat manusia dilewatkan begitu saja. Pada bulan ini semua yang dilakukan atas nama Tuhan memiliki keutamaan yang mana nilainya menjadi rahasia Tuhan semata.

Kata ‘Ramadan’ berarti panas terik yang maknanya terbakar. Di bulan ini dosa manusia dibakar dengan ampunan maka bulan suci ini disebut Ramadan.

Ramadan adalah satu-satunya bulan lunar yang namanya disebutkan dalam Alquran. Ada pendapat menyebut bahwa semua kitab suci: Alquran, Alkitab, Taurat, dan Mazmur diturunkan bertepatan dengan bulan Ramadan.

Beberapa riwayat lain menyebutkan bahwa Ramadan juga disebut dengan bulan Tuhan dan bulan perjamuan bagi umat Rasulullah. Siapa pun yang berpuasa dengan keyakinan yang kuat selama bulan ini, adalah kewajiban

Tuhan untuk mengampuni semua dosanya, menjamin kehidupan dan menyelamatkannya dari rasa haus dan lapar yang menyakitkan di hari Kiamat.

Bulan ini punya posisi dan mendapat perhatian khusus dari umat Islam yang sebelumnya secara spiritual telah dipersiapkan dari bulan-bulan sebelumnya terkhusus pada Rajab dan Syaban. Ketika Ramadan tiba disambut dengan hati gembira.

Sebagai bentuk kerinduan, umat memberikan buka puasa terutama kepada yang membutuhkan. Malam-malam Ramadan dipenuhi dengan ibadah salat, doa, membaca Alquran, sedekah dan puasa di siang hari.

Beberapa ulama menyebut alasan Ramadan menempati posisi sebagai bulan termulia karena;

1). Bulan Ramadan adalah bulan di mana Alquran diturunkan untuk membimbing umat manusia.

2). Kitab suci lainnya juga diturunkan pada bulan Ramadan. Imam Sadiq berkata, "Seluruh Alquran diturunkan ke Baitul-Ma'mur selama bulan Ramadan, kemudian selama dua puluh tahun pada Nabi Suci (SAW), dan Kitab (Mushaf) Ibrahim pada malam pertama bulan Ramadan, Taurat pada hari ke enam. Alkitab diturunkan pada hari ketiga belas Ramadan dan Mazmur diturunkan pada hari kedelapan belas Ramadan."

3). Wajib puasa di siang hari selama sebulan. Keutamaan puasa adalah; Manusia akan menjadi tulus-ikhlas, Mencegah siksaan dunia dan akhirat, Memberi kesehatan jiwa dan raga, Penangkal godaan syetan, Menimbulkan kepekaan sosial, dan menguatkan moral.

4). Adanya laylat al- Qadr. Laylat al-Qadr adalah salah satu malam yang lebih dari seribu bulan dan para malaikat turun pada malam ini atas izin Tuhan dan menentukan semua takdir para hamba selama setahun. 5. Puncak Kemulian Alquran.

Mengingat Alquran diturunkan di bulan suci Ramadhan dan membaca ayat-ayatnya di bulan ini memiliki banyak keutamaan.

Dalam riwayat, bulan Ramadan disebut sebagai mata air Alquran. Imam Baqir berkata, "Segala sesuatu memiliki mata air dan mata air Alquran adalah bulan Ramadan."(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved