Breaking News:

Tribun Bone

Hingga April Ada 39 Kasus Kebakaran, Kabupaten Bone Butuh Tambahan Mobil Damkar

Hingga April Ada 39 Kasus Kebakaran, Kabupaten Bone Butuh Tambahan Mobil Damkar

TRIBUN-TIMUR.COM/KASWADI ANWAR
Kondisi rumah yang terbakar di Desa Lamuru, Kecamatan Tellu Siattinge, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (6/4/2021) 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG TIMUR - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat 39 kebakaran terjadi hingga April.

Di bulan Januari 6 kali terjadi kebakaran, Februari 12 kebakaran, Maret 12 kebakaran dan hingga pertengahan April ada 9 kebakaran.

Kebakaran menghanguskan rumah warga, kandang ternak, termasuk rumah adat Bola Soba. Ada dua orang meninggal dunia akibat kebakaran.

Penyebab kebakaran karena didominasi arus pendek listrik, tabung elpiji dan pembakaran sisa sampah yang merambat ke rumah. 

Namun, untuk memadamkan api Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Bone terbatas dengan jumlah armada. 

Hanya ada 11 armada yang dimiliki, sementara wilayah Kabupaten Bone sangat luar, terdiri 27 kecamatan.

Posko kebakaran hanya ada enam. Di Posko Emergency, Posko Tellu Siattinge, Posko Ulaweng, Posko Lappariaja, Posko Kahu dan Posko Tonra.

Kasi Informasi dan Pengelola Data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bone, Pamiluddin mengatakan idealnya setiap 7 kilometer persegi terdapat posko pemadam kebakaran.

"Harusnya 27 kecamatan memiliki masing-masing setiap posko kebakaran. Memiliki dua armada, mobil penyiram dan mobil penyuplei atau mobil tangki. Jadi jika dikalkulasi Bone harusnya memiliki 54 armada,"  katanya Kamis (22/4/2021).

Namun, Bone memiliki keterbatasan anggaran. Untuk antisipasi kebakaran khususnya di desa dan kelurahan, ia menyarankan agar dana desa dana kelurahan dimanfaatkan.

Halaman
12
Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved