Breaking News:

Tribun Bisnis

Bangun Ekosistem Bisnis Pertanian di Sulsel, Jasindo Jadi Pelaksana Program AUTP

Bangun Ekosistem Bisnis Pertanian di Sulsel, Jasindo Jadi Pelaksana Program AUTP

ist
Branch Manager PT Asuransi Jasindo Branch Office Makassar, Tony Hendrawan 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kebutuhan manusia akan pangan terus mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia.

Peran sektor pertanian yang menjadi penyedia sumber pangan bagi masyarakat saat ini perlu mendapatkan perhatian yang serius.

Pasalnya, khusus usaha tani dihadapkan pada risiko ketidakpastian yang cukup tinggi.

Seperti gagal panen yang disebabkan perubahan iklim, kekeringan, serangan hama dan penyakit yang menjadi sebab kerugian.

Branch Manager PT Asuransi Jasindo Branch Office Makassar, Tony Hendrawan mengatakan demi menghindari keadaan tersebut, pemerintah saat ini memberikan solusi berupa program Asuransi Usaha Tani Padi yang disingkat dengan AUTP.

"Ini diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap resiko dengan jaminan petani mendapatkan modal kerja dari klaim asuransi serta aminan perlindungan, sehingga petani dapat membiayai pertanaman di musim berikutnya," ujarnya saat diwawancarai, Kamis (22/4/2021).

Diketahui PT Asuransi Jasindo merupakan perusahaan asuransi umum yang ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan proses asuransi pertanian di Indonesia.

Penunjukan PT  Asuransi Jasindo sebagai pelaksana Program AUTP sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut Tony, ada beberapa tantangan pengembangan dalam melaksanakan asuransi pertanian.

Dimulai untuk tantangan aspek institusional yang menyangkut dana pengelolaan dalam program asuransi dengan mendorong industri perbankan melalui KUR Tani.

Halaman
12
Penulis: Dian Amelia
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved