Breaking News:

Tribun Pangkep

Laskar Desa Pangkep Makin Hebat

Andi Sudirman Sulaiman saat itu mengapresiasi tinggi inovasi Laskar Desa Hebat tersebut dan dititipkan

Editor: Imam Wahyudi
ist
Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) Dinas PMD Pangkep, Zulfadli 

TRIBUN-TIMUR.COM, PANGKEP, - Kini Kabupaten Pangkep Telah menghadirkan sebuah Inovasi Pelayanan Publik yang berbasis digital desa bernama LASKAR DESA HEBAT.

LASKAR DESA HEBAT adalah Layanan Smart Ketatanaskahan Administasi Masyarakat Desa Hebat, diterapkan di Pemerintah Desa Mattiro Matae, Kecamatan Liukang Tupabiring Kabupaten Pangkep.

Inovasi ini telah diluncurkan saat pagelaran HUT Kabupaten Pangkep yang ke-61, 9 April 2021, oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau di Gedung DPRD Pangkep.

Andi Sudirman Sulaiman saat itu mengapresiasi tinggi inovasi Laskar Desa Hebat tersebut dan dititipkan kepada Pemerintah Kabupaten Pangkep khususnya dinas terkait dalam hal ini Dinas PMD.

Menindaklanjuti apresiasi Plt Gubenur Prov Sulsel tersebut, maka innovasi LASKAR DESA HEBAT telah memasuki tahap penerbitan Tanda tangan Elektronik (TTE) Quick Response (QR) Code.

“Kemarin, Selasa (20/04), kami dari Tim Pemkab Pangkep telah mengadakan pertemuan untuk segera di difasilitasi penerbitan Tanda tangan Elektronik (TTE) “Quick Response (QR) Code” dengan tim dari Provinsi Sulsel di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulawesi Selatan” Kata Zulfadli, Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) Dinas PMD Pangkep.

TTE QR Code ini harus melalui sertifikasi elektronik OSD BSSN dan berlaku untuk beberapa layanan yang ada di pedesaaan

“LASKAR DESA HEBAT ini merupakan implementasi dari pelaksanaan Sistem Digitalisasi pelayanan persuratan di desa melalui penerapan tanda tangan elektronik (TTE) QR CODE dan inovasi ini yang pertama diterapkan di Sulawesi Selatan dengan persuratan digital” lanjut Zulfaldi.

Sesuai perihal surat yang dikirimkan kepada Gubernur Sulsel Cq Kepala Dinas Kominfo 19 April 2020 Nomor:141/31/DPMD Pemerintah Kabupaten Pangkep, diharapkan TTE QR CODE dapat dipercepat.

Agar dapat memujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya sesuai Pepres RI No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan yang berbasis elektronik.

Menurut Zulfadli, inovasi LASKAR DESA HEBAT menganut pelayanan publik Sistem persuratan digital “paperless office” dengan tujuan:

1. Memberikan pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemic
2. Meningkatkan kualiatas layanan dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan administrasi
3. Optimalisasi pembuatan surat dengan template khususnya pada jenis surat layanan kepada masyarakat.

Kepada TribunPangkep.com, Zulfaldi mengatakan bahwa untuk tahap awal tahun 2021, inovasi LASKAR DESA HEBAT di terapkan satu pemerintahan desa, yakni Desa Mattiro Matae, Kecamatan Liukang Tupabiring Kab Pangkep, Sebagai project pilot.

“Sedangkan dari data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pangkep terdapat jumlah 65 desa hingga saat ini, dan Kami selalu mendorong untuk semua desa untuk menerapkan sistem digitalsasi desa” ungkap Zulfadli.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan (Prov. Sulsel), Amson Padolo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Pangkep (Kab. Pangkep), Abdul Haris Has, Kabid Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Zul Fadli, Kepala Desa Mattiro Matae, Rizal Idris.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved