Breaking News:

Tribun Kampus

Hari ke-8 Pesantren Virtual UMI, Ini Tiga Sifat Islami di Bulan Ramadan Menurut Prof Salim Basalamah

yakni merasa cukup denga napa yang sudah dimiliki, sehingga tidak ada ambisi untuk mendapatkan yang lebih. 

TRIBUN TIMUR/IKHSAN
Hari Kedelapan Pesantren Ramadhan Virtual UMI membahas “Tiga Sifat dalam Layanan Islami di Bulan Ramadhan” oleh Wakil Rektor 2 UMI Prof.Dr.H.Salim Basalamah, Rabu (21/4/2021) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Hari ke-8 Pesantren Ramadan Virtual UMI membahas “Tiga Sifat dalam Layanan Islami di Bulan Ramadan” dan dibawakan oleh Wakil Rektor 2 UMI Prof Dr H Salim Basalamah.

Hadir sejumlah dosen dan mahasiswa serta calon mahasiswa baru UMI, dipandu Host Dr.M.Ishaq Shamad dan Dr.Nurjannah Abna.

"Prof.Salim Basalamah menjelaskan ada tiga hal yang perlu diterapkan dalam melayani mahasiswa di UMI, yakni sifat wara’, sifat yang sederhana, tidak sombong dalam memberikan layanan.

"Sebab mahasiswa ibaratnya adalah raja yang dilayani, tanpa mahasiswa, maka tidak ada pelayanan di kampus," jelasnya, Rabu (21/4/2021).

 Selanjutnya sifat qanaah, yakni merasa cukup denga napa yang sudah dimiliki, sehingga tidak ada ambisi untuk mendapatkan yang lebih. 

"Tetapi sebaliknya sifat ketiga yang selalu bersyukur terhadap apa yang telah diperoleh, mensyukuri nikmat Allah Swt, akan ditambah nikmat olehNya," jelasnya.

Sementara, Dr.M.Ishaq Shamad menambahkan jika sifat wara’ sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa.

Sebab dengan begitu, akan menghindarkan kita segala perbuatan yang dapat menjerumuskan ke dalam dosa. 

"Puasa mendidik kita untuk mampu menahan diri dari segala godaan yang mengarah kepada sifat-sifat yang tercela," katanya

Namun, katanya, ada pengembangan makna dan implementasi dari sifat wara’ ini, jika dulu para Sufi mengartikan wara’, artinya meninggalkan kehidupan duniawi, tidak mengejar harta dan jabatan. 

Halaman
12
Penulis: Andi Muhammad Ikhsan WR
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved