Breaking News:

Tribun Luwu Utara

Pemda dan Kejari Luwu Utara Kerjasama Penanganan Perkara Perdata dan TUN

MoU bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penyelesaian perkara perdata dan tata usaha negara secara litigasi maupun non litigasi.

TRIBUN TIMUR/CHALIK MAWARDI
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersama Kajari Luwu Utara, Haedar sesaat setelah penandatanganan MoU di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara, Jalan Simpurusiang, Masamba, Selasa (20/4/2021) 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara bersama Kejaksaan Negeri Luwu Utara kerjasama dalam hal penanganan perkara perdata dan tata usaha negara.

Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan MoU oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersama Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Utara, Haedar.

Penandatanganan dilakukan di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara, Jalan Simpurusiang, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, Selasa (20/4/2021).

Haedar mengatakan, MoU bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penyelesaian perkara perdata dan tata usaha negara secara litigasi maupun non litigasi.

"Ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penyelesaian perkara perdata dan tata usaha negara secara litigasi maupun non litigasi. Baik di luar pengadilan maupun di dalam pengadilan," kata Haedar di hadapan para pimpinan perangkat daerah, kepala bagian, dan camat yang hadir.

Adapun ruang lingkup dari kerjasama tersebut, lanjut dia meliputi pelaksanaan bantuan hukum, pelayanan hukum, dan tindakan hukum.

Dasarnya UU Nomor 16 Tahun 2004 yang ditegaskan di Pasal 30 Ayat 2.

Bahwa kejaksaan dalam hal ini dapat mewakili lembaga pemerintah, BUMN, dan BUMD baik secara litigasi maupun non litigasi berdasarkan surat kuasa.

"Jadi fungsinya dua yakni sebagai mediator dan fasilitator, untuk itu bapak ibu diharapkan dapat menjalin komunikasi yang intens jika ada potensi segera mengirim permohonan secara tertulis," katanya.

"Kemudian kami akan undang ekspose seperti apa masalahnya untuk kemudian mengambil langkah-langkah yang diperlukan," terang Haedar.

Halaman
12
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved