Breaking News:

Tribun Luwu Utara

Bupati Luwu Utara Minta Pembukaan Lahan di Kawasan Hutan Lindung Dihentikan

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meminta semua aktivitas pada kawasan hutan lindung di ruas Mabusa-Palandoan, Kecamatan Seko

ist
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, memimpin rapat koordinasi terkait aktivitas pembukaan lahan di kawasan hutan lindung di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara, Masamba, Senin (19/4/2021). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meminta semua aktivitas pada kawasan hutan lindung di ruas Mabusa-Palandoan, Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, dihentikan.

Permintaan itu disampaikan Indah pada rapat koordinasi bersama Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara, Masamba, Senin (19/4/2021).

Rapat juga dihadiri perwakilan Polda Sulsel, Bepedas Jeneberang-Saddang, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku.

Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum LHK, Kajari, Kapolres, Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH), dan KPH Rongkong.

"Berdasarkan laporan masyarakat dan temuan itu jelas bahwa pembukaan lahan yang dimaksud masuk dalam kawasan hutan," kata Indah.

"Untuk itu menjadi PR bagi kita terutama unit kerja yang membidangi agar melakukan edukasi yang massif kepada masyarakat."

"Karena boleh jadi pemahaman mereka terkait kawasan hutan belum utuh. Tidak cukup hanya diimbau, harus ada surat yang mengikat secara hukum," terang Indah.

Bupati perempuan pertama di Sulsel menegaskan bahwa program pemerintah untuk mengelola hutan diperuntukkan bagi masyarakat yang berdomisili di kawasan tersebut.

"Jadi, izin pengelolaan hutan diberikan hanya bagi masyarakat yang memang hidup dari hutan, bukan masyarakat yang baru masuk di kawasan hutan," katanya.

"Salah satu izin yang sudah diberikan Pemda adalah melalui program perhutanan sosial," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved