Breaking News:

Tribun Bulukumba

Terkait Dugaan Kredit Fiktif, AMPH Minta Pimpinan Bank Sulselbar Bulukumba Transparan

Dugaan kredit fiktif di Bank Sulselbar Cabang Bulukumba, menjadi perhatian publik belakangan ini.

DOK TRIBUN-TIMUR.COM
Tim Penyidik pada Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan penggeledahan dan penyitaan Barang bukti (BB) dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi dan Pencucian Uang (TPPU). 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Dugaan kredit fiktif di Bank Sulselbar Cabang Bulukumba, menjadi perhatian publik belakangan ini.

Satu orang tersangka telah ditetapkan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dia adalah Reza, mantan Account Officer Bank Sulselbar Bulukumba.

Reza ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejati Sulsel dengan dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan pemberian kredit usaha mandiri (KUM) dan kredit usaha lainnya (KUL) secara fiktif tahun 2016 sampai dengan 2021.

Atas perbuatannya itu, Kejati Sulsel menemukan kerugian negara mencapai RP25 milliar. 

Reza resmi ditetapkan sebagai tersangka sejak Kamis (8/04/2021) lalu, berdasarkan surat penetapan tersangka kepala kejaksaan tinggi sulawesi selatan nomor, 32/p.4.5/Fd.1/04/2021.

Kini, Kejati Sulsel terus melakukan pendalaman kasus kredit fiktif tersebut.

Ketua Aliansi Mahasiswa Pemerhati Hukum (AMPH) Sulawesi Selatan    berharap, Amrul, Kepala Bank Sulselbar bisa memberikan klarifikasi atas kasus tipikor yang di lakukan bawahannya itu.

"Karena Ini sudah menjadi sorotan publik, kami harap kepada kepala Cabang Bank Sulselbar Kabupaten Bulukumba harus transparan," kata Amrul, Sabtu (17/4/2021).

Amrul berharap, Kejati tidak hanya menangkap kelas 'teri-nya' saja, tetapi juga memeriksa credit officer dan pimpinan bank yang memiliki pengaruh besar terkait layak atau tidaknya calon nasabah.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved