Breaking News:

Tribun Luwu Utara

Potensi Siklon Tropis, BPBD Luwu Utara Minta Masyarakat Waspada

Adanya potensi bibit siklon tropis 94W yang berpotensi hujan disertai angin kencang dan tinggi gelombang yang terdampak di wilayah Sulsel

TRIBUN TIMUR/CHALIK MAWARDI
Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara, Muslim Muchtar 

TRIBUNLUTRA.COM, MAPPEDECENG - Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, mengimbau masyarakat waspada terhadap perubahan iklim.

Imbauan disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara, Muslim Muchtar, usai mendampingi Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur menyerahkan bantuan bagi korban angin puting beliung di Kecamatan Mappedeceng, Jumat (16/4/2021).

Kata Muslim, fenomena alam yang akhir-akhir ini terjadi tidak hanya di Luwu Utara, tapi juga di berbagai belahan dunia.

Baru-baru ini, lanjutnya BNPB mengeluarkan peringatan dini.

Adanya potensi bibit siklon tropis 94W yang berpotensi hujan disertai angin kencang dan tinggi gelombang yang terdampak di wilayah Sulsel pada 15-16 April.

"Dengan adanya peringatan dari lembaga yang berwenang seperti BNPB dan BMKG, maka diharapkan masyarakat tetap waspada, namun jangan panik sehingga tak kalang kabut dalam meminimalisir risiko bencana," kata Muslim.

Ia menuturkan, pihaknya selalu mengupdate informasi perubahan cuaca.

"Kami selalu meneruskan informasi perubahan cuaca dari BMKG ke grup WhatsApp para camat yang kemudian diteruskan ke desa-desa," katanya.

"Hal ini merupakan salah satu upaya mitigasi bencana yang bisa kita lakukan, memberi peringatan dini kepada masyarakat agar selalu siap sedia terhadap keadaan yang tidak menentu," terang Muslim.

Terkait desa tangguh bencana, Muslim mengatakan pihaknya saat ini masih menyusun administrasi.

Halaman
12
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved