Breaking News:

Unhas

Dukung Tanggung Jawab Sosial, Unhas Siapkan Mekanisme Dana Abadi

Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sedang mempersiapkan pembentukan endowment fund (dana abadi)

Unhas
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Arsunan Arsin pada Pembukaan Musyawarah Besar Ikatan Alumni FISIP Unhas, yang berlangsung pada Sabtu (1042021) di Hotel Four Points, Makassar. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sedang mempersiapkan pembentukan endowment fund (dana abadi) untuk mendukung tridharma pendidikan tinggi, khususnya bidang pengabdian masyarakat. 

Hal ini dikemukakan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Arsunan Arsin dalam sambutannya pada Pembukaan Musyawarah Besar Ikatan Alumni FISIP Unhas, yang berlangsung pada Sabtu (10/4/2021) di Hotel Four Points, Makassar.

Dana Abadi atau Endowment Fund merupakan pengumpulan dana yang dikelola oleh sebuah lembaga dari berbagai donatur, baik individu maupun institusi, untuk keperluan sosial, dimana peruntukan dana tersebut disepakati dengan para donatur.  

Mekanisme ini lumrah ditemukan di berbagai negara dan pada berbagai institusi, sebagai upaya untuk mewujudkan tanggung jawab sosial institusi.

Prof Arsunan mengatakan, keberadaan endowment fund merupakan salah satu cara untuk merekatkan alumni dengan kampus.  

Banyak alumni yang telah mencapai taraf keberhasilan tertentu dalam pengabdian di masyarakat, dan mereka ingin berkontribusi melalui universitas.

“Kita kemudian berpikir untuk mengkoordinasikan potensi alumni ini, melalui gagasan membentuk endowment fund pendidikan tinggi.  Apalagi, diantara Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum di Indonesia, tinggal Unhas saja yang belum memiliki mekanisme endowment fund. In syaa Allah tahun ini akan kita wujudkan,” kata Prof. Arsunan via rilis, Senin (12/4/2021).

Melalui endowment fund pendidikan tinggi yang dikelola oleh Unhas, maka terdapat potensi besar untuk mendukung kegiatan sosial kemasyarakatan.

Termasuk memberikan bantuan dan beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.  

Saat ini, terdapat sejumlah mekanisme untuk membantu kelompok masyarakat tersebut, akan tetapi belum seluruhnya dapat terjangkau.

Halaman
12
Penulis: Rudi Salam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved