Breaking News:

Tribun Luwu Timur

PT Vale Mulai Program Rehabilitasi DAS di Kasintuwu Luwu Timur

PT Vale Indonesia telah memulai program rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di Desa Kasintuwu, Kecamatan Mangkutana, Luwu Timur

PT Vale
PT Vale Indonesia telah memulai program rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di Desa Kasintuwu, Kecamatan Mangkutana, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (942021). 

TRIBUNLUTIM.COM, MANGKUTANA - PT Vale Indonesia telah memulai program rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di Desa Kasintuwu, Kecamatan Mangkutana, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (9/4/2021).

Kegiatan tersebut dengan melaksanakan penanaman berbagai bibit jenis tanaman Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK).

Kegiatan dihadiri Direktur Support and Site Services PT Vale, Agus Superiadi, Direktur Environment and Permit Management PT Vale Adli Lubis, Senior Coord External Relations Syawal.

Selain itu, Wakapolres Luwu Timur Kompol Muh Rifai serta tim dari Polsek Mangkutana dan aparat desa.

Ada 100 bibit tanaman yang terdiri dari jengkol, durian, dan rambutan yang ditanam pada tanam perdana program rehabilitasi DAS PT Vale di Desa Kasintuwu.  

Area rehabilitasi DAS PT Vale di Desa Kasintuwu seluas ±390 ha,  terbagi menjadi dua blok yaitu Blok Dusun Sampuraga dan Dusun Kayulangi.

Penanaman menggunakan jenis tanaman HHBK, seperti jengkol, durian, rambutan, kemiri dan jenis tanaman kayu-kayuan seperti bitti dan jabon.

Pemilihan jenis tanaman pokok tersebut didasarkan dari usulan masyarakat pada saat sosialisasi.

Berdasarkan regulasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, penanaman dilaksanakan dengan  pola intensif dan agrorestri sesuai kondisi rona awal lingkungan. 

Pola intensif menggunakan tanaman pokok dengan jumlah 625 batang/hektare sampai dengan 1.100 batang/hektar untuk kondisi tutupan lahan masih kurang.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved