Breaking News:

Bang Pesona KLHK

Program Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara KLHK Dirasakan Manfaatnya oleh KUPS di Sulsel

Program Perhutanan Sosial bernama Bang Pesona, memberikan akses legal kepada masyarakat untuk mengelola sumber daya hutan di tingkat tapak.

dok bang pesona klhk
Kegiatan penanaman pohon bersama oleh tim Bang Pesona KLHK dengan anggota Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Minasa Te’ne dan KUPS Lebang Manai di Desa Kapita, Rabu (7/4/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM - Program Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara KLHK atau dikenal dengan Bang Pesona kini dirasakan manfaatnya oleh warga Sulawesi Selatan atau Sulsel.

Dalam hal ini dirasakan warga Sulsel yang tergabung dalam kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK) melalui program Perhutanan Sosial terus mendorong gerakan stimulan ekonomi produktif.

Kegiatan penanaman pohon bersama oleh tim Bang Pesona KLHK dengan anggota Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Minasa Te’ne dan KUPS Lebang Manai di Desa Kapita, Rabu (7/4/2021).
Kegiatan penanaman pohon bersama oleh tim Bang Pesona KLHK dengan anggota Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Minasa Te’ne dan KUPS Lebang Manai di Desa Kapita, Rabu (7/4/2021). (dok klhk sulsel)

Hal itu dilakukan KLHK dengan melalui Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) yang kini sudah berkembang di banyak daerah.

Termasuk di beberapa kabupaten di Sulsel. Yakni KUPS Minasa Te’ne Kabupaten Pangkep dan KUPS Lebang Manai di Desa Kapita Kabupaten Jeneponto.

Program Perhutanan Sosial, memberikan akses legal kepada masyarakat untuk mengelola sumber daya hutan di tingkat tapak.

Adapun pemberian akses ini didasari ketimpangan ekonomi dan dilatarbelakangi keharusan masyarakat memiliki asas hukum yang kuat dalam pengelolaan sumberdaya hutan.

Akses legal diberikan agar masyarakat mampu berusaha secara aktif dalam mengelola sumberdaya hutan di tingkat tapak.

"Program Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara atau Bang Pesona ini kini terasa sekali manfaatnya," kata Ketua Tim Bang Pesona KLHK Sulsel Izac.

"Sebab, dengan adanya akses legal, masyarakat juga akan mampu mengakses pembiayaan secara tepat dan benar," tambahnya, Rabu (7/4/2021).

Halaman
123
Penulis: Andi Muhammad Ikhsan WR
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved