Breaking News:

Tribun Pangkep

61 Tahun Pangkep, Plt Gubernur Sulsel Dorong Percepatan Akselerasi Kereta Api

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Hari Jadi ke 61 Kabupaten Pangkep

Humas Pemprov Sulsel
Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Hari Jadi ke 61 Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Jumat (942021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Didampingi Plt Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Hari Jadi ke 61 Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Jumat (9/4/2021).

Dengan mengangkat tema yakni "Bersatu Melangkah Maju", Paripurna dibuka oleh Ketua DPRD Pangkep, Haris Gani, dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Pangkep, Anggota DPRD Sulsel, Anggota DPRD Pangkep, Forkopimda, para OPD lingkup Pemkab Pangkep.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengaku, bahwa banyak program strategis Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Pangkep. 

"Kita laksanakan secara bertahap. Saya minta tolong kepada pak Bupati, Wakil Bupati dan para anggota DPRD, kita memiliki program strategis nasional, jalur Kereta Api Makassar-Parepare. Bapak Menteri Perhubungan sudah tegaskan akselerasi percepatan pembangunan kereta api ini. Melintasi kabupaten Pangkep," ungkapnya.

Jalur kereta api yang melintasi Parepare, Barru, Pangkep, Maros hingga Makassar ini diproyeksikan terhubung sampai Makassar New Port (MNP). Apalagi PSN kereta api ini digelontorkan senilai sekitar Rp 12 Triliun.

"Hadirnya kereta api ini, maka peredaran (pendistribusian) barang bagus sekali,. Alhamdulillah, progresnya di Pangkep sudah 93% untuk pembebasan lahannya," ujarnya.

Ia pun sempat mengusulkan kepada Menteri Perhubungan, agar pembangunan kereta api ini dibuat parsial konsentrasi. Dengan konsentrasi pertama berfokus untuk jalur Tonasa-Garongkong.

"Sehingga akses barang lebih cepat. Barang dari pangkep bisa jalur kereta lebih cepat," ujarnya.

Andi Sudirman mengaku, bahwa telah membuat SK Percepatan Akselerasi Pembangunan Kereta Api Makassar-Parepare.

"Didalamnya ada bapak Pangdam dan Kapolda. Semua koridor penanggung jawabnya, ada pak Bupati/Walikota. Kita terus dorong, karena ini untuk kepentingan orang banyak," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved