Breaking News:

Pesawat Tempur F-18 Hornet AS Terbang Rendah di Natuna, Mengingatkan Peristiwa Bawean 2003 Lalu

kala itu pesawat tempur F16 TNI AU terlibat dog fight dengan F18 US Navy dimana keduanya sudah saling serang dengan perangkat elektronika

twitter.com/Jatosin
Sebuah video dimana pesawat tempur F-18 Hornet milik Amerika Serikat bermanuver dan terbang rendah di Perairan Natuna, ramai beredar. 

TRIBUN-TIMUR.COM  - Sebuah video dimana Pesawat Tempur F-18 Hornet milik Amerika Serikat bermanuver dan terbang rendah di Perairan Natuna, ramai beredar.

Dilansir dari akun @infokomando,  pesawat temput militer F-18 Super Hornet itu melintas di atas penembangan minyak berbendera Indonesia di Perairan Natuna.

TNI-AU mengklarifikasi kejadian tersebut terjadi pada Selasa (6/4) sekitar pukul 16:15.

Menurut Kepala Dinas Penerangan AU (Kadispenau) Marsekal Pertama Indan Gilang Buldansyah, bahwa pesawat melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia.

"Di perairan Natuna telah melintas pesawat tempur asing diperkirakan jenis F-18 Hornet, di atas FPSO (Floating, Production, Storage ans Offloading) Kakap Natuna yang dioperasikan oleh Perushaan minyak Indonesia dan berada di wilayah ZEE, sekitar 169 mile di sebelah Barat dari Kepulauan Natuna" Jelas Kadispen AU dalam keterangannya.

Hasil pemeriksaan sementara, pesawat tempur itu melintas di luar wilayah teritorial Indonesia. Namun, TNI AU masih terus melakukan pendalaman terkait kejadian tersebut.

Namun kejadian ini mengingatkan kita dengan peristiwa Bawean tahun 2003 lalu.

Dikutip dari arsip harian Kompas, 4 Juli 2003, pesawat tempur F-18 Hornet Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dipergoki oleh sebuah pesawat penumpang di atas utara pulau Bawean, Jawa Timur, Kamis (3/7/2003) sore.

Pilot pesawat penumpang kemudian melaporkan temuannya itu kepada menara Surabaya dan Jakarta.

Radar Bandar Udara Juanda maupun Soekarno Hatta secara bersamaan juga menangkap adanya kelima pesawat tempur tersebut di lokasi yang sama.

Halaman
12
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved