Breaking News:

Kementan

Kementan Resmikan Kebun Uji BUSS untuk Dorong Peningkatan Daya Saing Varietas Unggul

Kementerian Pertanian RI atau Kementan meresmikan Kebun Pemeriksaan Subtantif PVT Tanaman Dataran Rendah Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

TRIBUN-TIMUR.COM - Kementerian Pertanian RI atau Kementan meresmikan Kebun Pemeriksaan Subtantif PVT Tanaman Dataran Rendah Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (8/4/2021).

Menurut Sekretaris Jenderal Kementan, Momon Rusmono, pengujian BUSS meliputi uji pada unsur baru, unik, seragam, dan stabil pada varietas tanaman.

Diharapkan pengujian yang merupakan bagian dari tahapan penerbitan sertifikat hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) ini dapat turut meningkatkan daya saing varietas unggul milik Indonesia di pasar global.

“Penerbitan sertifikat Hak PVT terlihat masih jauh dari potensinya. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini, salah satunya tentu terkait dengan proses pelayanan penerbitan hak PVT di Kementan. Peresmian Kebun uji BUSS hari ini merupakan bagian dari upaya kita dalam memperbaiki kualitas pelayanan dalam penerbitan hak PVT ke depan,” katanya menyebutkan.

Demikian siaran pers Kementan kepada Tribun-Timur.com.

Momon menyebutkan, sampai dengan saat ini telah tercatat sebanyak 506 varietas tanaman yang diberi hak PVT.

Pengeluaran sertifikat PVT Indonesia sebetulnya masih terbilang unggul dibandingkan negara-negara ASEAN.

Indonesia hanya tertinggal dari Vietnam yang telah mengeluarkan sertifikat bagi 1.628 varietas.

Tapi Momon menjelaskan, Indonesia tengah memberikan perhatian khusus pada pelaksanaan PVT di negara-negara maju.

“Sebagai contoh China sampai saat ini telah memberikan perlindungan sebanyak 7.834 varietas, Amerika Serikat 1.590 varietas, Korea Selatan 857 varietas, Jepang 822 varietas, Rusia 765 varietas,” katanya memaparkan.

Diungkapkan Momon, sertifikasi varietas merupakan bagian penting dalam upaya peningkatan ketersediaan benih bermutu varietas unggul.

Halaman
123
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved