Breaking News:

Tribun Sulbar

Gubernur Sulbar Lantik 71 Pejabat Fungsional

Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar, kembali melantik 71 pejabat fungsional lingkup Pemerintah Provinsi Sulbar

TRIBUN-TIMUR.COM/NURHADI
Pelantikan 71 ASN Pemprov dalam pejabat fungsional oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar di Pelataran Rumah Jabatan Gubernur Jl Abd Malik Pattana Endeng, Mamuju, Rabu (742021) (nurhaditribun). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar, kembali melantik 71 pejabat fungsional lingkup Pemerintah Provinsi Sulbar, Rabu (7/4/2021).

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan ASN yang beralih ke jabatan fungsional berlangsung di Pelataran Rumah Jabatan Gubernur Sulbar, Jl Abd Malik Pattana Endeng, Mamuju.

Ali Baal Masdar mengatakan, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan tersebut merupakan bentuk tindaklanjut dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 42 Tahun 2018btentang pengangkatan pegawai negeri sipil dalam jabatan fungsional melalui penyesuaian dan sebagai pelaksanaan reformasi birokrasi.

Dikatakan, hal itu merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan, terutama menyangkut aspek kelembagaan miskin struktur kaya fungsi.

"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan sebanyak 71 orang yang dilantik sebagai pejabat fungsional terdapat dari  beberapa unsur, dimulai dari Satpol PP, rumah sakit serta pejabat yang mengurusi bidang barang dan jasa,"kata Ali.

Ia menjelaskan, dalam membangun kelembagaan yang miskin struktur kaya fungsi memiliki makna pemerintahan yang ramping, dimana ke depan pejabat struktural akan mengalami pengurangan sedangkan pejabat fungsional diperbanyak.

"Adapun maksud dari hal tersebut sebagai upaya pemerintah untuk terus bekerja secara profesional. Tidak perlu  kita banyak berbicara, tetapi harus lebih  banyak bekerja,  artinya pejabat struktural sedikit, pejabat fungsional yang lebih diperbanyak,"ujarnya.

Ia berharap, pelantikan tersebut kiranya menjadi sebuah pelajaran bagaimana bekerja sebagai ASN yang profesional.

Pejabat fungsional sebagai pelaksana teknis fungsional pada instansi pemerintah, lanjutnya, memiliki peran penting bagi jalannya pemerintahan.

"Untuk itu, sebagai pejabat fungsional harus mampu melaksanakan tugas yang bersifat mandiri dalam melaksanakan tugas profesi sesuai dengan jenjang jabatan pada level keterampilan dan keahlian,"katanya.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved