Breaking News:

Porang

Porang, Tanaman Internasional yang Bisa Bikin Pemiliknya Kaya Ray

Mereka yang tekun merawat tanaman porangnya, bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp 3 miliar hanya dalam tempo dua tahun

Ist
Tanaman porang milik warga Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) 

TRIBUNTIMUR.COM - Tanaman porang saat ini menjadi tanaman primadona bagi sebagian masyarakat. Mereka yang tekun merawat tanaman porangnya, bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp 3 miliar hanya dalam tempo dua tahun.

Pendapatan tersebut bisa didapatkan jika menanam porang di lahan seluas satu hektar.

Salah satu daerah yang gencar menanam Porang adalah, Sumatera Utara. Hasilnya bisa dibandingkan dengan komoditas perkebunan unggulan di provinsi ini, yakni kelapa sawit.

Hal tersebut diungkapkan Idris Tampubolon, petani dan pakar porang dari Porang Sleman Boy saat ditemui di Forum Diskusi Porang di Jalan Balai Desa, Pasar 12 Patumbak, Kecamatan Patumbak, Deli Serdang, akhir pekan lalu.

Pria kelahiran Kisaran, Sumatera Utara, dan besar di Samarinda, Kalimantan Timur, ini penuh antusias menjelaskan potensi ekonomi budidaya porang.

"Sumut ini sangat potensial. Lahan luas. Istilahnya pemodal di sini banyak. Kekurangannya hanya ilmu pengetahuan budidaya porang. Saya sudah teliti itu di Sleman sampai 3 tahun dan pola itulah yang saya bawa ke Sumut ini. Dengan lahan 1 hektar, katakanlah modal Rp 360 juta, bisa hasilkan Rp 3 miliar keuntungan bersih di dalam dua musim (18 bulan)," katanya.

Cara dapat untung dari porang

Idris kemudian menjelaskan bagaimana cara mendapatkan keuntungan lebih dari Rp 3 miliar dari mengolah lahan 1 hektar dengan tanaman porang.

Biaya pengolahan lahan sekitar Rp 72,6 juta, biaya pemupukan dan perawatan Rp 45,6 juta, biaya bibit dan upah tanaman Rp 163 juta, total biaya panen Rp 28 juta, dan total biaya tenaga kerja Rp 48 juta.

Dia mengatakan, pada musim pertama, hasilnya bisa mencapai Rp 300 juta. Musim kedua naik menjadi Rp 960 juta.

Halaman
1234
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved