Breaking News:

Politeknik ATI Makassar Gelar Sosialisasi Penerapan Teknologi 4.0 dalam Pembelajaran

kegiatan ini merupakan rangkaian dari workshop kerja sama BPSDMI Kementerian Perindustrian dengan Singapore Polytechnic

dok
Politeknik ATI Makassar menggelar Sosialisasi Penerapan Teknologi 4.0 dalam pembelajaran pada pendidikan tinggi vokasi di Ruang Padewakkang, Rabu (7/4/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar menggelar Sosialisasi Penerapan Teknologi 4.0 dalam pembelajaran pada pendidikan tinggi vokasi di Ruang Padewakkang, Rabu (7/4/2021).

Kegiatan yang akan berlangsung hingga Jumat (9/4/2021) ini diikuti dosen dan pegawai Politeknik ATI Makassar dan Politeknik Industri Logam Morowali (PILM) secara virtual melalui Zoom.

Ketua Program Studi Otomasi Sistem Permesinan, Atikah Tri Budi Utami mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari workshop kerja sama BPSDMI Kementerian Perindustrian dengan Singapore Polytechnic yang diikuti dosen Politeknik ATI Makassar dan Politeknik Industri Logam Morowali.

Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan mendapat wawasan baru tentang teknologi 4.0. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengenalkan peralatan-peralatan di Politeknik ATI Makassar yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran bagi dosen.

"Jadi di laboratorium advanced tersedia peralatan-peralatan yang sudah terkoneksi dengan industri 4.0,"katanya.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan program Kementerian Perindustrian melalui BPSDMI terkait program pengembangan sumber daya industri menuju industri 4.0. Program ini juga diturunkan ke masing-masing satuan kerja di bawah naungan BPSDMI.

"Kemenperin terus mendorong mengembangkan SDM industri yang kompeten. Apa yang menjadi fokus Kemenperin yang diturunkan kepada institusi kita dengan dibangunnya Pusat Inovasi Digitalisasi Industri 4.0 atau biasa disebut PIDI 4.0,"katanya.

Basri menambahkan, Politeknik ATI Makassar menjadi salah satu satu satelit PIDI 4.0 dan telah mendapat bantuan peralatan teknologi 4.0 yang diarahkan pada advanced manufaturing. Salah satu program yang dilaksanakan adalah pelatihan dan riset berbasis teknolog 4.0.

"Jadi bagi dosen yang ingin melakukan penelitian, silahkan memanfaatkan fasilitas yang sudah kita miliki ini,"tambahnya.

Selain itu, Teaching Factory yang ada di Politeknik ATI Makassar diharapkan dapat menjaring mitra, baik dari industri maupun lembaga pendidikan untuk memberdayakan fasilitas yang ada sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Basri juga menyampaikan, seluruh program studi telah melakukan review kurikulum dan memasukkan teknologi industri 4.0 dalam kurikulum pembelajaran.

"Saya harap pada peserta sosialisasi ini dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah wawasan dan skillnya,"ujarnya.(*)

Penulis: Desi Triana Aswan
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved