Breaking News:

Pilgub Sulsel

Nama Andi Sumangerukka Mengemuka Jadi Wagub, IPI: Tunggu ASS Definitif Dulu

Wacana mengenai calon Wakil Gubernur Sulsel yang akan mendampingi Plt Gubernur ASS dianggap masih dini dibahas.

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Suryana Anas
Dok Pribadi
Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Wacana mengenai calon Wakil Gubernur Sulsel yang akan mendampingi Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman (ASS) dianggap masih dini dibahas.

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir mengatakan, pembahasan demikian seharusnya menunggu hingga Andi Sudirman Sulaiman defenitif menjabat sebagai Gubernur Sulsel.

Namun, Suwadi Idris tertarik saat wacana kursi 02 di Sulsel itu dikaitkan dengan mantan Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Menurutnya, wacana yang mendorong mantan Pangdam XIV/Hasanuddin itu, sah-sah saja.

“Namun ke depan, jika saatnya tiba, memang sosok Andi Sumagarukka adalah figur yang seksi dan cukup rasional untuk posisi Wagub Sulsel," jelas Suwadi via pesan WhatsApp, Selasa (6/4/2021).

"Sebab selama ini sosok Andi Sumangarukka dikenal figur yang terbuka dan plural," tambah lelaki berkacamata itu.

Artinya, lanjut dia, karakter Andi Sumagarukka cocok dan pas mengisi kekurangan Plt Gubernur Andi Sudirman yang dikenal agamalis dan berjiwa entrepreneur.

Alasan kedua, kata Suwadi, karena dari kajian geopolitik duet Andi Sudirman Sulaiman dan Andi Sumangerukka sangat rasional

Andi Sudirman berasal dari Bone dan Bantaeng. Ia juga memiliki darah Gowa sebab merupakan cicit I Mariama Karaeng Pattukangan (Putri Raja Gowa Ke 19 Sultan Abdul Jalil yang juga raja Sanrobone ke 9). 

Selain itu, Andi Sudirman rupanya juga merupakan cicit Syekh Yusuf Al Makassari.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved