Breaking News:

Tribun Bulukumba

Seperti KTP, Seluruh Anak di Bulukumba Wajib Punya Kartu Identitas

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba, sudah secara resmi meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA).

Dok. Atul
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatata Sipil Bulukumba Andi Mulyati Nur, saat memperlihatkan secara simbolis Kartu Identitas Anak (KIA) kepada Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf. 

TRIBUBULUKUMBA.COM, UJUNH BULU - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba, sudah secara resmi meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA)

Kini, seluruh anak di kabupaten berjuluk Butta Panrita Lopi itu, wajib memiliki kartu identitas.

Kadis Dukcapil Bulukumba, Andi Mulyati Nur, mengatakan, KIA ini adalah bukti identitas resmi untuk anak dibawah 17 tahun.

Dan kartu ini berlaku selayaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk orang dewasa pada umumnya. 

Kartu Identitas Anak memiliki fungsi yakni untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016.

Andi Mulyati menambahkan, dalam upaya mencegah penularan covid-19, Disdukcapil membentuk tim untuk turun ke lapangan guna melakukan perekaman identitas kepada masyarakat.

 “ini adalah upaya kami terjun ke masyarakat agar masyarakat yang antre di kantor Disdukcapil tidak terlalu membludak, dan untuk memudahkan masyarakat," kata Andi Mulyati, Selasa (6/4/2021).

Menanggapi hal itu, Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf, mengatakan, penerbitan KIA oleh Disdukcapil merupakan suatu inovasi dari layanan publik.

Hal ini sebagai upaya pemerintah dalam hal perlindungan serta pemenuhan hak anak di kabupaten Bulukumba.

 “tentunya, saya menginginkan agar seluruh anak di Kabupaten Bulukumba kedepannya agar memiliki KIA ini," kata Andi Utta, sapaan akrabnya.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved