Breaking News:

Tribun Makassar

5 Tahun Dukung Akses Air Minum dan Sanitasi di Sulsel, Ini Capaian Program Iuwash Plus USAID

USAID melalui program Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan untuk Semua (IUWASH PLUS)

TRIBUN-TIMUR.COM/MUHAMMAD FADHLY ALI
DCOP USAID IUWAS PlUS Alifa Srilestari (kanan) bersama Direktur Perumahan dan Permukiman Bappenas Tri Dewi Virgiyanti serta Plt Bappelitbangda Sulsel Andi Darwanan Bintang memberi keterangan pers pasa penutupan program USAID IUWASH PLUS wilayah Sulsel diselenggarakan di Hotel Four Points Jl Andi Djemma Makassar, Selasa (642021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) melalui program Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan untuk Semua (IUWASH PLUS) telah hadir selama lima tahun di Sulawesi Selatan dan Indonesia Timur.

Kehadirannya dalam mendukung pemerintah untuk meningkatkan akses air minum, dan layanan sanitasi aman serta perbaikan perilaku hygiene bagi masyarakat miskin dan kelompok rentan di perkotaan.

Di Sulawesi Selatan, program USAID IUWASH PLUS berakhir secara bertahap, ditandai dengan puncak acara penutupan program USAID IUWASH PLUS wilayah Sulsel diselenggarakan di Hotel Four Points Jl Andi Djemma Makassar, Selasa (6/4/2021).

Penutupan dihadiri perwakilan OPD dari Provinsi Sulawesi Selatan dan 4 kabupaten/kota dampingan USAID IUWASH PLUS, yaitu Kabupaten Barru, Bulukumba, Bantaeng dan Kota Makassar.

Dalam pelaksanaan program yang dimulai pada pertengahan 2016, USAID IUWASH PLUS memperkuat komponen-komponen kunci yang saling terkait dalam mendukung penyediaan layanan air minum dan sanitasi aman yang inklusif di perkotaan.

Komponen-komponen tersebut adalah: peningkatan layanan rumah tangga dan perilaku higiene, penguatan institusi lokal termasuk konservasi air tanah, penguatan pembiayaan sektor dan rumah tangga, serta memajukan advokasi, koordinasi dan komunikasi.

USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan pemerintah, sektor swasta, kelompok masyarakat, dan mitra lainnya di 35 kabupaten/kota di delapan provinsi, yaitu Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, dan Papua, serta dua daerah khusus, yaitu DKI Jakarta dan Kabupaten Tangerang.

USAID IUWASH PLUS menyelesaikan pelaksanaan programnya di delapan kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dan Indonesia Timur, yaitu Kota Makassar, Kabupaten Barru, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Maluku Tengah, Kota Ternate, serta Kota dan Kabupaten Jayapura pada Maret 2021.

Direktur Kantor Lingkungan USAID Indonesia Matthew Burton mengatakan, selama lebih dari lima tahun terakhir, USAID telah bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah, masyarakat, dan sektor swasta untuk mendorong kemandirian di sektor air minum, sanitasi, dan perilaku higiene.

"Program ini telah mendorong peningkatan dalam akses air minum dan sanitasi, serta perilaku higiene. Berdasarkan data capaian USAID IUWASH PLUS per April 2021 di Sulawesi Selatan, sebanyak 56.205 orang mendapat layanan air minum layak melalui sambungan baru PDAM, 36.720 di antaranya dari kelompok penduduk dengan tingkat kesejahteraan 40 persen terendah (B40)," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved